• Kabar Terkini

    02 August 2016

    Kejuaraan Pencak Silat Pelajar Segera di Gelar

    KEBUMEN (www.beritakebumen.info) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten kebumen berencana menggelar kejuaraan pencak silat antar pelajar pada Tanggal 5-7 Agustus 2016 bertempat di GOR GEMBIRA Kebumen. Hal itu dilakukan demi menyambut HUT RI Tahun 2016 dan sebagai ajang seleksi bagi para atlit pelajar untuk bertanding pada tingkat KEJURPROV PELAJAR Jateng.

    Ketua IPSI Kebumen, Mas Seno, mengaku kejuaraan ini digelar sebagai salah satu agenda penjaringan atlit untuk tim Pencak Silat Pelajar Kebumen yang nantinya akan dipersiapkan untuk Kejurprov Pelajar Jateng. Dengan penjaringan sejak awal, ia berharap pada Kejurprov Pencak Silat Pelajar Tahun 2016 nanti prestasi atlit-atlit Pencak Silat Pelajar Kebumen mengalami peningkatan.

    Damar Purnasiwi Arifin, salah satu penggiat pencak Silat dikebumen menyatakan sangat mendukung kegiatan kejuaraan Pelajar ini, “Karena Pencak Silat dulu dipandang sebagai aliran beladiri tradisional yang identik dengan masyarakat kelas dua, namun dalam perkembanganya pencak silat telah dapat diterima disemua kalangan masyarakat mulai dari pejabat, pengusaha, entertaint, kalangan pendidikan dan masyarakat umum. Tidak hanya karena filosofi dan ilmu beladiri yang diajarkan dalam pencak silat, tetapi juga bahwa belakangan ini pencak silat telah dipertandingkan diberbagai kegiatan multievent seperti POPDA, DULONGMAS, PORPROV JATENG, PON, SEAGAMES maupun Kejuaraan Dunia sehingga pencak silat sebagai salahsatu cabang olahraga yang makin bergengsi, Ujar Damar.

    “Damar menambahkan bahwa dalam kenyataanya pencak silat masih menjadi tamu dinegerinya sendiri, indikasinya antara lain bahwa masyarakat kita lebih familiar dengan beladiri-beladiri asing daripada dengan pencak silat. Dunia bisinis lebih tertarik untuk mensponsori event beladiri selain pencak silat, padahal pencak silat merupakan bagian dari budaya milik bangsa kita yang harus kita junjung tinggi dan kita jaga kelestariannya agar jangan sampai budaya kita direbut atau diakui oleh negara tetangga seperti yang sudah-sudah sebelumnya, imbuh Damar”. (BK/d’Riz)


    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    admin@beritakebumen.info
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 comments:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: Kejuaraan Pencak Silat Pelajar Segera di Gelar Rating: 5 Reviewed By: Dani Rizana
    Scroll ke atas