• Kabar Terkini

    24 August 2016

    10 Indikasi bahwa Anda Seorang Gaptek

    ARTIKEL (www.beritakebumen.info) - Setiap orang tentu harus dapat beradaptasi pada lingkungannya agar bisa selalu bertahan di lingkungan tersebut. Berkenaan masalah adaptasi, teknologi informasi sudah menjadi hal yang melekat pada kehidupan manusia jaman sekarang. Baik instansi, perusahaan besar, menengah, kecil bahkan individu harus dapat menggunakan atau memanfaatkan teknologi untuk mempertahankan eksistensinya.

    Jaman dulu ketika teknologi informasi belum maju seperti sekarang, terdapat suatu penemuan yang merubah kehidupan manusia yaitu listrik. Awalnya listrik hanya digunakan oleh sekelompok orang atau perusahaan saja tetapi lama kelamaan listrik sudah digunakan oleh semua orang.

    Orang yang tidak memiliki listrik tentu akan tertinggal, tidak memiliki penerangan yang baik di malam hari atau tidak dapat melakukan banyak hal yang hanya bisa dilakukan dengan bantuan listrik. Pada jaman sekarang listrik seolah sudah menjadi kebutuhan primer.

    Karena jaman selalu berkembang, dekade lalu hadir sebuah teknologi informasi yang dapat membuat kita terhubung dengan orang lain tidak peduli seberapa jauh tempatnya. Teknologi tersebut adalah handphone yang pada akhirnya juga seolah menjadi kebutuhan pokok.

    Dan sekarang, teknologi informasi tidak hanya handphone saja, tetapi ada internet. Sama halnya seperti listrik, internet sudah mulai merasuki setiap elemen pada kehidupan manusia yang secara lambat tapi pasti menjadikan internet sebagai kebutuhan pokok.

    Bicara masalah internet tentu identik dengan perangkat - perangkat teknologi modern seperti komputer atau gadget. Baik instansi, perusahaan besar, menengah, kecil bahkan individu harus memiliki perangkat - perangkat teknologi tersebut agar tetap bisa eksis di dunia yang sudah berubah ini.

    Istilah bagi seseorang yang tidak mengikuti perkembangan teknologi atau tidak dapat menggunakannya dengan baik khususnya teknologi informasi disebut Gaptek (Gagap Teknologi). Nah, apakah anda termasuk orang yang mengikuti perkembangan teknologi atau tidak? Berikut akan saya berikan indikasi - indikasi bahwa anda adalah seorang gaptek. Jika semua poin ini tidak terdapat pada diri anda, berarti anda bukanlah orang Gaptek.

    Bagi anda yang masih gaptek, untuk bisa menjadi non-gaptek bisa menghindari poin - poin di bawah ini.

    1. Tidak Memiliki Perangkat Teknologi (Gadget)
    Bagaimana anda tidak dikatakan gaptek jika tidak memiliki suatu perangkat teknologi atau gadget. Kalau anda tidak memiliki gadget, sama saja anda sedang bercerita kepada teman anda bahwa liburan di pantai itu sangat menyenangkan padahal anda belum pernah kesana.

    Gadget tidak harus mahal, setidaknya memiliki fungsi sebagai sarana komunikasi, multimedia dan internet. Dekade yang lalu, dengan memiliki dan menggunakan sebuah handphone sudah cukup menunjukan bahwa kita non-gaptek. Tetapi sekarang masa kejayaan handphone sudah akan berakhir dan mulai beralih ke masa Smartphone dan beberapa produk smart lain. Dengan teknologi yang anda miliki, anda tentu dapat dengan mudah membuka dan mempelajari cakrawala dunia teknologi dengan lebih leluasa.

    2. Tidak Bisa Mengoperasikan Perangkat Teknologi
    Dengan hanya memiliki perangkat teknologi atau Gadget tidak lantas membuat kita non-gaptek. Pertanyaan besarnya adalah dapatkah kita menggunakannya? Kita harus tahu cara mengoperasikan perangkat atau gadget tersebut, paling tidak kebutuhan - kebutuhan dasarnya.

    Untuk handphone misalnya, anda harus tahu bagaimana mengirim pesan, menelpon, cek pulsa, mengatur alarm, membuka kalkulator dan sebagainya. Karena sekarang sudah jamannya Smartphone, maka anda harus bisa internetan, menggunakan kamera, memainkan musik, video, membuka foto dan lain - lain. Tidak lupa untuk komputer, anda juga harus dapat mengoperasikan kebutuhan dasarnya seperti membuat dokumen, membuka internet, memainkan musik, video, hingga mencetak dokumen.

    3. Tidak Memahami Spesifikasi Suatu Perangkat Teknologi
    Spesifikasi harus dapat anda pahami agar tidak dikatakan gaptek.
    Karena ini akan dapat membantu orang yang masih gaptek untuk belajar atau ketika mereka ingin membeli suatu gadget. Hal - hal mendasar dalam spesifikasi perangkat seperti apa itu harddisk, ram, prosesor dalam komputer harus dipahami. Sama halnya dengan smartphone, anda juga harus paham spesifikasinya agar tidak gaptek.

    4. Tidak Memiliki Koneksi Internet
    Internet saat ini sudah seperti listrik, artinya keberadaannya sangat dibutuhkan. Tanpa listrik, seolah kita kembali ke jaman batu. Sama halnya tanpa internet, kita seperti orang tersesat. Jadi kalau kita tidak mau dikatakan gaptek, paling tidak memiliki koneksi internet sendiri, agar kita dapat dengan mudah mencari dan update informasi dengan cepat sehingga bisa melakukan banyak hal yang hanya bisa dilakukan dengan bantuan internet.

    5. Tidak Memiliki Email
    Sebenarnya dengan hanya memiliki koneksi internet saja (tanpa memiliki akun apapun) sudah cukup untuk membuat kita dapat melakukan banyak hal. Tetapi itu hanya akan membuat kita sebagai pengguna internet pasif. Artinya hanya menggunakan tanpa menciptakan.

    Seorang yang non-gaptek haruslah memiliki akun minimal Email. Ya, email seolah menjadi sebuah KTP bagi setiap pengguna internet (netizen). Jika tidak memiliki email, sama saja tidak memiliki identitas diri. Karena dengan email kita dapat membuat akun lain yang juga penting kita miliki seperti facebook, twitter, linkedin, google atau bahkan website pribadi anda.

    6. Tidak Pernah atau Jarang Membaca Berita Teknologi
    Informasi selalu berkembang setiap harinya. Orang yang non-gaptek harus up to date dengan informasi teknologi terbaru, misal ada inovasi apa di bidang smartphone, komputer, dan sebagainya.

    Dari mana kita mendapatkan berita seputar teknologi? Anda bisa mendapatkan berita update di koran, tabloid dan juga di internet.
    Terdapat banyak portal berita di internet seperti Google News, Yahoo News, MSN News, Detikcom, Kompas, Liputan6 hingga Teknografis News

    7. Tidak Bisa Menginstal Software
    Melengkapi poin nomor 2 di atas, seorang yang non-gaptek seharusnya tidak hanya sekedar dapat menggunakan gadget, tetapi juga mampu memodifikasi. Modifikasi disini adalah dengan menambah (install) atau mengurangi (uninstall) aplikasi atau program yang ada di perangkat.
    Untuk Smartphone contohnya, tentu caranya tidak terlalu sulit. Karena sudah ada tempat khusus yang menyediakan banyak aplikasi smartphone seperti Play Store maupun App Store.

    Seorang non-gaptek juga harus bisa menginstal program - program standar di komputer seperti Microsoft Office, Browser, Pemutar Musik, Video. Selain itu juga harus tahu dimana atau bagaimana cara mendapatkan software - software tersebut.

    8. Gagap Berbahasa Inggris
    Bahasa internasional yang sudah disetujui untuk digunakan di semua negara adalah bahasa inggris. Banyak teknologi baru berasal dari luar negeri dan menggunakan bahasa inggris. Jadi mengetahui minimal pengetahuan dasar bahasa inggris itu penting untuk membuat anda seorang yang non-gaptek. Paling tidak anda dapat memahami sebuah artikel sederhana dalam bahasa inggris.

    9. Tidak Bisa Mengetik 10 Jari
    Apa yang ada di pikiran anda ketika orang mengetik di keyboard dengan teknik 10 jari? Kesan pertama adalah anda akan mengatakan orang tersebut non-gaptek. Banyak manfaat dari kemampuan mengetik 10 jari, diantaranya adalah dapat meningkatkan kepercayaan diri dan produktifitas anda.

    Anda tidak harus mengetik dengan cepat atau menggunakan teknik touch typing (mengetik tanpa melihat keyboard). Tapi cukup terapkan teknik 10 jari yang benar. Lambat laun anda akan hafal dengan sendirinya.

    10. Tidak Kenal Dengan 'Simbah'
    Jika anda tidak tahu siapa 'simbah' yang saya maksud berarti anda memang masih gaptek. Dengan mengenal 'simbah', anda dapat dengan mudah mencari segala bentuk informasi, berita, panduan dan lain sebagainya. Banyak orang yang hidupnya berubah dari tidak tahu apa - apa menjadi tahu banyak hal setelah menjalin hubungan yang dekat dengan 'simbah'.

    Penulis : Haris Mustofa


    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    admin@beritakebumen.info
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 comments:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: 10 Indikasi bahwa Anda Seorang Gaptek Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas