• Kabar Terkini

    27 July 2016

    DPD RI Bantu Korban Longsor Desa Sampang; Disalurkan PMI Kebumen

    KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - DPD RI ikut peduli membantu korban bencana tanah longsor dan banjir di Kebumen. Bantuan senilai Rp 10 juta dari DPD RI itu secara simbolis diserahkan pengurus PMI Kebumen kepada ahli waris di Desa Sampang, Kecamatan Sempor.

    Ketua Pengurus PMI Kebumen Komper Wardopo menyerahkan langsung bantuan dari DPD RI senilai Rp 1 juta kepada dua ahli waris, Ani Winarsih (18), anak pasangan Satimun (45) dan Sarinem (40), dan Sikan Kurniawan (29), di SD 2 Sampang, Sabtu (23/7) lalu. Ikut dalam penyerahan bantuan dari DPD RI itu Sekretaris PMI Kinanto dan Bendahara PMI Udi Cahyono.

    Istri Sikan, Sutiyem (26) yang tengah hamil delapan bulan, ikut terkubur bersama lima warga di Bukit Semampir, Desa Sampang, Sempor, Kebumen pertengahan Juni lalu. Demikian pula suami istri Satimun dan Sarinem juga ikut terkubur longsor.

    Menurut Kinanto, pihaknya menerima bantuan dari anggota DPD RI asal Jateng Bambang Sadono. Sebelumnya, Bambang mengontak ketua PMI dan meminta disediakan rekening PMI.

    Adapun rincian alokasi bantuan dari DPD RI senilai Rp 10 juta yakni untuk empat ahli waris korban longsor di Desa Sampang pada 18/6 lalu, serta dua korban bencana banjir di Desa Kretek Kecamatan Rowokele serta Desa Wonoharjo, Kecamatan Karanganyar masingmasing Rp 1 juta.

    Sisanya dialokasikan membantu korban nelayan tenggelam akibat gelombang tinggi di pantai selatan Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah serta dua nelayan yang selamat namun kapalnya rusak.”Kami atas nama pengurus PMI Kebumen menyampaikan terima kasih kepada DPD RI atas kepeduliannya membantu korban bencana alam di Kebumen,” imbuh dia.

    Digelar Baksos

    Bersamaan penyerahan bantuan dari DPD RI di Desa Sampang, Kecamatan Sempor, PMI Kebumen juga melakukan bakti sosial pemeriksaan dan pengobatan gratis. Sebanyak 60 warga dua dusun di Desa Sampang yang sempat menderita akibat longsor dan banjir dan menimbun enam warga, mengikuti pemeriksaan dan pengobatan gratis.

    Pengobatan ditangani dokter Fany Gunawan, kepala Poliklinik PMI Kebumen dibantu dua tenaga KSR dari Stikes MUhammadiyah Gombong dan staf poliklinik. Tidak hanya pemeriksaan dan pengobatan gratis, PMI juga memberikan penyuluhan mental atau trauma healing bagi warga Desa Sampang.

    Trauma healing diberikan oleh psikolog RSUD Kebumen Yulaida.”Bakti sosial dan trauma healing itu wujud tanggap bencana PMI rehabilitasi dan rekondisi secara psikis bagi warga di lokasi bencana agar mereka cepat bangkit,”tandas Kinanto.

    Setelah mengikuti pemeriksaan dan pengobatan gratis, warga juga menerima bingkisan paket sembako dari PMI Kebumen.

    Menurut Bendahara PMI Udi Cahyono, biaya pengobatan gratis dan bingkisan sembako bagi warga di lokasi bencana tersebut bersumber dari hasil Bulan Dana PMI 2015 serta dari pihak donatur.(B3-42/ SuaraMerdeka)



    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    admin@beritakebumen.info
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: DPD RI Bantu Korban Longsor Desa Sampang; Disalurkan PMI Kebumen Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas