• Kabar Terkini

    27 July 2016

    BPOM Sita Ratusan Jenis Obat Kuat Ilegal

    KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyita ratusan jenis obat kuat ilegal yang dijual di sejumlah toko wilayah kabupaten berslogan Beriman ini.

    Penyitaan dilakukan saat operasi dengan melibatkan tim gabungan dari Satpol PP Provinsi Jateng, Satpol PP Pemkab Kebumen, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kebumen, Polres Kebumen dan Kodim 0709 Kebumen, Selasa (26/7).

    Ratusan jenis obat kuat ilegal itu, terdiri atas 52 jenis (item) yang disita di Gombong dan 47 jenis di Pejagoan. Terbanyak di kota Kebumen yang berjumlah lebih dari 100 item. Hingga petang kemarin petugas masih mendata jumlah sitaan obat kuat illegal di wilayah kota Kebumen tersebut.

    Selain itu di wilayah Selang. Pelaksanaan operasinya dibagi dua tim. Dua petugas dari BPOM yang diterjunkan, Agung Supriyanto dan Daniel Kristini memperkuat masing-masing tim tersebut.

    Tim satu dipimpin Kabid Penegakan Perda dan Peraturan Kepala Daerah Satpol PP Pemkab Kebumen Sugito Edi Prayitno bergerak ke wilayah Gombong. Sedangkan tim dua dipimpin Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP Provinsi Jateng Priharto Adi bergerak di wilayah kota Kebumen, Pejagoan, dan Selang.

    Tampak perwakilan dari Dinkes Kebumen Pancar Adi Kuncoro dan Aryo Prihastono berada di tim dua. Petugas lalu mengecek satu per satu obat kuat yang dijual di sejumlah toko tersebut.

    Alat Peraga

    Saat tidak ada dalam daftar BPOM, obat tersebut langsung disita. Di Gombong petugas juga mendatangi salah satu salon kecantikan dan menyita sejumlah alat peraga seks. Alat peraga tersebut juga diketahui dijual di sejumlah toko obat yang dirazia petugas, kemarin.

    Daniel Kristini dari BPOM menyampaikan hasil penyitaan obat kuat tersebut akan ditindaklanjuti secepatnya.

    Diakui Kristini, dari obat kuat yang dijual di sejumlah toko tersebut sebagian besar tidak terdaftar di BPOM. “Terutama yang merk luar negeri,” jelasnya. Sugito Edi Prayitno menjelaskan, pemilik toko maupun salon kecantikan yang dioperasi petugas tersebut akan dipanggil instansi terkait.

    Bagi yang menjual obat kuat ilegal akan dipanggil BPOM. Operasi tersebut untuk memberi rasa aman kepada masyarakat serta mengurangi beredarnya obat ilegal.

    Selain itu juga kosmetika mengingat dari paket kosmetika yang dijual tersebut, ternyata tidak semuanya terdaftar dalam BPOM. Misalnya untuk paket kosmetik pemutih wajah yang terdapat lima jenis, hanya satu jenis saja yang terdaftar dalam BPOM. (K5-52/ SuaraMerdeka)



    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    admin@beritakebumen.info
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: BPOM Sita Ratusan Jenis Obat Kuat Ilegal Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas