• Kabar Terkini

    02 June 2016

    RMT Inisiasi Wisata Jelajah Budaya

    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    admin@beritakebumen.info

    KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Roemah Martha Tilaar (RMT) Gombong akan mengadakan sebuah paket wisata jelajah budaya (cultural trail)yang dipusatkan pada daerah perniagaan Gombong di kawasan Jalan Sempor Lama dan Jalan Puring.

    Kegiatan yang bersifat uji coba itu rencananya akan dilaksanakan, Sabtu (4/6) mendatang. Kepala Roemah Martha Tilaar Gombong Sigit Tri Prabowo menjelaskan, dalam jelajah budaya tersebut para peserta akan diajak menelusuri beberapa penggalan sejarah sosio-budaya yang pernah mewarnai wajah Gombong beserta kisah-kisah yang melatarbelakanginya.

    Para peserta akan diajak berkunjung ke pabrik rokok Sintren dan ke gedung AGH yang dulunya merupakan sekretariat komunitas Tionghoa (Tjung Hwa Xie Xiao). ‘’Tak hanya berkunjung, peserta dapat melakukan wawancara dengan para pengelola serta mendapatkan berbagai paparan mengenai perjalanan sejarah lokasi-lokasi tersebut,’’ ujar Sigit Tri Prabowo, Senin (30/5).

    Untuk mendapatkan berbagai data sejarah, Roemah Martha Tilaar menggandeng Komunitas Poesaka Gombong (Kopong), sebuah komunitas yang mendalami berbagai bentuk sejarah lokal. Sigit mengakui bahwa beberapa data masih memerlukan pendalaman, namun setidaknya mulai tampak kekayaan sejarah sosial budaya yang ada di Gombong. ‘’Mungkin selama ini kita banyak terpaku pada potensi ragawi, sehingga potensi sosial kultural kurang tergarap.

    Penggalian potensi nonragawi ini akan membuat para pelaku wisata menjadi lebih arif dalam mengelola objek wisata, sehingga terjaga kesinambungan dan kelestariannya,’’ ujarnya mencontohkan ada komunitas di Desa Tunjungseto, Sempor yang ingin mengelola wisata alam di daerahnya.

    Belum Menyadari


    Ironisnya, imbuh Sigit, banyak yang belum menyadari bahwa daerah itu memiliki peran yang sangat penting dalam Perang Diponegoro/Java Oorlog. Jika aspek sejarah itu digali pasti akan memberi nilai tambah yang tak dimiliki objek wisata lainnya.

    Berangkat dari keprihatinan itulah, jelajah budaya yang akan diadakan ini melibatkan para peserta yang berasal dari komunitas wisata di berbagai wilayah di Kebumen, kalangan pemerintah daerah juga perorangan yang tertarik pada wisata budaya. Di akhir kegiatan akan diadakan diskusi untuk menelaah potensi wisata budaya di Kebumen. Harapannya, kegiatan ini akan menginspirasi para pelaku wisata untuk mengeksplorasi potensi sosial budaya di sekitarnya agar menjadi bagian dari atraksi wisata. (J19-42/ suaramerdeka.com)



    ========= SILAHKAN DITANGGAPI =========

    DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

    ______________________________________________________

    =============================================================
    Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
    | FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | TWITTER |
    =============================================================
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: RMT Inisiasi Wisata Jelajah Budaya Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas