• Kabar Terkini

    11 May 2016

    TMMD Buka Akses Jalan ke Sekolah

    SRUWENG (www.beritakebumen.info) - Pengeprasan gunung tugel di Desa Pandansari, Kecamatan Sruweng, Kebumen dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) membuka akses jalan bagi siswa ke sekolah. Terutama siswa yang bertempat tinggal di RT3 dan RT4 / RW 1 Desa Pandansari.

    Di wilayah tersebut terdapat 10 siswa PAUD, 20 siswa SMP dan MTs, serta 15 siswa SMA. Sebelumnya mereka harus naik turun bukit melalui jalan setapak dengan kemiringan 70 derajat.

    Kini jalan setapak yang melewati gunung tugel itu bertambah lebar hingga mencapai 5 meter. Jalan yang tengah dirabat beton oleh TNI bersama warga setempat itu pun nantinya dapat dilalui angkutan.

    Jadi akan membantu siswa yang selama ini mengalami kesulitan akses jalan dan transportasi. Bagi siswa yang diantar orang tuanya menggunakan kendaraan, jarak yang ditempuh tanpa melewati gunung tugel itu mencapai tiga kali lipat, yakni 6 km yang melintasi desa lain, Pengempon.

    Sedangkan dengan melewati jalan yang melintasi gunung tugel itu hanya 2 km. “Nantinya di jalan ini akan disediakan angkutan bagi siswa untuk memudahkan mereka ke sekolah,” kata Kepala Desa Pandansari Surono, kemarin.

    Gotong-royong

    Desa Pandansari yang tahun 2011 silam menjadi juara nasional terkait pembangunan desa partisipatif itu pun masih membuktikan kelestariannya dalam bergotong royong. Masyarakat setempat, baik perempuan maupun laki-laki mengikuti kerja bakti. Menurut Surono, kearifan lokal di desa seluas 524 hektare tersebut sudah menjadi kebiasaan.

    “Dalam TMMD ini kami libatkan 3 RW sebanyak 600 KK yang setiap harinya bergiliran mengikuti kerja bakti sebanyak 100 KK,” imbuh Surono didampingi koordinator lapangan TMMD Pelda Harianto dan Pasi Intel Kodim 0709 Kebumen Kapten Arh M Kholiludin.

    Selain di Desa Pandansari, lokasi terisolasi lainnya yang akses jalannya minim juga terdapat di Desa Condong Campur, Pengempon, Donosari, Penusupan, Pakuran, dan Desa Karangpule. Surono pun berharap pihak terkait segera menanganinya. Baik melalui TMMD maupun program lain.

    TMMD di Desa Pandansari berlangsung 3 Mei-1 Juni itu terdapat pembangunan fisik berupa rabat beton, plat deacker, sembilan kegiatan gorong-gorong dan lima rehab rumah tidak layak huni (RTLH). Selain itu terdapat kegiatan nonfisik antara lain penyuluhan. (K5-32/suaramerdeka.com)



    _________________________________________________________________________________________

    DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

    _________________________________________________________________________________________
    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    beritakebumen@gmail.com

    =============================================================
    Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
    | FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
    =============================================================
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: TMMD Buka Akses Jalan ke Sekolah Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas