Kilas Berita:

Bupati Kebumen Serahkan Bantuan Alat Pertanian

Bantuan traktor dari pemerintah pusat diserahkan Bupati Yahya Fuad kepada Gapoktan. (Foto: Fuad Yazid Kebumen)
KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Sebanyak 56 unit traktor roda dua dan 4 unit traktor roda empat bantuan pemerintah pusat diserahkan Bupati Kebumen Yahya Fuad kepada 56 kelompok tani (gapoktan), Sabtu (14/5/2016). Penyerahan dilakukan secara simbolis di Kantor Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kebumen. Hadir Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kebumen Puji Rahayu, Ketua DPC PKB Kabupaten Kebumen Zaeni Miftah, serta anggota DPRD Kabupaten Kebumen Muhsinun. Bantuan ini hasil usulan dari desa melalui dana aspirasi.

Distribusi bantuan traktor roda 2 tersebut untuk wilayah sawah hamparan sebanyak 36 unit sedang 20 unit lain untuk wilayah pegunungan atau sawah terasering. Bupati juga menerima sejumlah bantuan alat pertanian lain yang bersumber dari APBN, yakni alat panen Combine Harverter kecil sejumlah 36 unit, Combine Harverter sedang sejumlah 6 unit, Power Troushef 18 unit, Alat Angkut 3 unit, corn Combine Harverter 1 unit, corn sheler 4 unit. Namun pada kesempatan tersebut baru diserahkan tiga unit alat panen.

Jumlah traktor yang ada di Kebumen saat ini mencapai 3.246 unit. Mengingat luas sawah yang dimiliki Kebumen seluas 39.768 hektare, dengan asumsi satu unit traktor per 10 hektare, Kebumen masih kekurangan 731 unit traktor.

Saat ini di Kebumen memasuki masa tanam padi. Dengan adanya bantuan traktor tersebut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kebumen Puji Rahayu berharap ada percepatan dalam mengolah sawah, sehingga tanam padinya lebih gasik. Verifikasi dilakukan Dinas Pertanian secara administrasi dan teknis, meliputi nama kelompok dan ketua sesuai data base juga perbandingan luas lahan dengan jumlah traktor. Bagi desa yang memiliki perbandingan luas sawah dan jumlah traktor 10:1, maka usulan bantuan traktor tidak bisa masuk.

Untuk diketahui, Kebumen memperoleh surplus padi sebanyak 200.000 ton tahun ini. “Ini tentu hasil kerja keras para petani serta pihak terkait lain,” jelas Bupati Fuad. (BK/mat)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!