• Kabar Terkini

    12 April 2016

    Setahun, di Indonesia Terdeteksi 4.500 Kali Gempa

    KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Indonesia merupakan negara yang sangat rawan terhadap gempabumi dan tsunami. Bagaimana tidak, gempabumi yang memiliki kekuatan di atas 5 skala skala richter (SR), bisa mencapai 365 kali per tahun. Rata-rata dalam sehari terjadi gempa bumi dengan kekuatan di atas 5 SR.

    “Adapun dalam setahun, total gempa yang bisa dianalisis mencapai 4.500 kali,” ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Mochammad Riyadi kepada wartawan di sela-sela membuka Gladi Ruang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami di Meotel Kebumen, Senin (11/4).

    Gladi ruang mitigasi gempabumi dan tsunami yang berlangsung hingga Selasa (12/4) itu diikuti oleh staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen, PMI, relawan, jajaran Muspika di wilayah pesisir selatan. Hadir dalam pembukaan, Asisten II Sekda Kebumen Tri Haryono dan Sekretaris BPBD Kebumen Agus Subekti.

    Mochammad Riyadi menyampaikan, melalui gladi ruang itu diharapkan, peringatan atau informasi yang diberikan oleh BMKG dapat dipahami oleh pemangku kepentingan dan bisa diteruskan kepada masyarakat.

    “Sehingga masyarakat bisa bertindak apa yang harus dilakukan jika menerima peringatan yang dikeluarkan oleh BMKG,” ujar Mochammad Riyadi yang dalam kesempatan itu menyampaikan paparan potensi gempabumi dan tsunami Jateng dan peran BMKG sebagai penyedia informasi gempabumi dan tsunami.

    Lebih lanjut, Mochammad Riyadi menyampaikan wilayah Sumatera, Jawa selatan hingga ke timur intensitas gempabumi cukup banyak dan merupakan daerah rawan karena di kawasan ini merupakan daerah pertemuan lempeng.

    Kejadian gempabumi tidak bisa diprediksi. Untuk itu BMKG memberikan informasi kejadian gempabumi termasuk peringatan dini tsunami kepada pihak terkait sekitar empat menit setelah terjadinya gempa.

    (Supriyanto/CN34/suaramerdeka.com)



    _________________________________________________________________________________________

    DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

    _________________________________________________________________________________________
    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    beritakebumen@gmail.com

    =============================================================
    Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
    | FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
    =============================================================
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 comments:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: Setahun, di Indonesia Terdeteksi 4.500 Kali Gempa Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas