Kilas Berita:

Langkah Nyata Lestarikan Anggrek di Indonesia

Penandatanganan MoU PT Martina Berto Tbk dengan Yayasan Kehati. (Foto: Robi Fitrianto)
JAKARTA (www.beritakebumen.info) - Kekayaan alam hayati yang berlimpah di Indonesia berjumlah sekitar 30.000 jenis tumbuhan dan 7.000 di antaranya mengisyaratkan memiliki khasiat obat. Dan, sekitar 90% tumbuhan obat di kawasan Asia juga tumbuh di Indonesia. Begitu juga spesies anggrek, Indonesia memiliki sekitar 5.000 spesies dari 25.000 spesies anggrek di dunia yang hidup di hutan-hutan tropis, termasuk Indonesia.

Selain sebagai perusahaan kosmetik ternama di Indonesia, PT Martina Berto, Tbk di bawah naungan Martha Tilaar Group tidak hanya focus pada bisnisnya saja, melainkan mempunyai perhatian untuk menjaga kelestarian keanekaragaman hayati yang menjadi kekayaan alam Indonesia.

“Kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaga dan melestarikan keanekaragaman hayati, khususnya tanaman anggrek,” tutur Dr. Martha Tilaar.

Berpijak dari kondisi tersebut, PT Martina Berto Tbk sepakat melakukan kerjasama dengan Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI) untuk menyelamatkan tanaman anggrek yang ada di Indonesia. Kerjasama ini ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) kedua pihak, pada Selasa (16/02) di Jakarta.

Dihadiri oleh Dr. Martha Tilaar Chair Woman of Martha Tilaar Group, Bryan Tilaar, M. S Sembiring Direktur Eksekutif Yayasan KEHATI dan Anis Mahsunah Kepala Seksi Program dan Penerapan Bioteknologi BPPT.

Senang Sembiring menjelaskan dalam rangka melestarikan Anggrek, KEHATI melakukan pemberdayaan masyarakat agar paham dan mengerti kelestarian alam. “Kegiatannya bersifat pelatihan yang nantikan untuk membuat desa wisata yang di dalamnya terdapat bunga Anggrek. Nilai Ekologis dan sosial sulit untuk dipisahkan dalam menjaga kelestarian lingkungan,” ujarnya.

Selanjutnya, Bryan Tilaar mengungkapkan bunga Anggrek memiliki berbagai macam manfaat salah satunya untuk kecantikan. Untuk itu, pihaknya membantu melestarikan Anggrek Indonesia. Budidaya Anggrek selain dapat dinikmati keindahan bunganya, dapat juga dimanfaatkan untuk kesehatan kulit dan kecantikan wanita Indonesia.

Selain penandatangan MOU, PT Martina Berto Tbk melalui Martha Tilaar Shop (MTS) membantu memfasilitasi pengumpulan dana dari penjulan sabun anggrek Coelogyne marthae, 10 ribu dari pembelian sabun didedikasikan untuk mendukung pelestarian anggrek berbasis komunitas di ekosistem Taman Nasional Gunung Merapi, Yogyakarta dan ekosistem karts di kecamatan tepus, Gunung Kidul.
Dan, PT Martina Berto secara simbolis menyerahkan dana sebesar Rp 200 juta yang dilakukan dengan dua tahap. Penyerahan dana tersebut merupakan wujud nyata dari perusahaan kosmetik untuk keberlanjutan atau pelestarian Anggrek Indonesia. (BK/Robi Fitrianto)




_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!