• Kabar Terkini

    23 March 2016

    Hasil Riset dan Layanan Ilmiah LIPI Disosialisasikan di Kebumen

    KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Beragam hasil riset dan layanan ilmiah atau industri dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) siap diaplikasikan ke berbagai kalangan masyarakat, industri, maupun berbagai pemangku kepentingan lainnya di Indonesia.

    Hasil-hasil riset dan layanan ilmiah/industri tersebut, salah satunya datang atau dibawa dari satuan kerja di lingkungan Kedeputian Bidang Jasa Ilmiah LIPI.

    Dijelaskan, kali ini berbagai hasil riset dan pelayanan ilmiah/industri tersebut secara khusus disosialisasikan kepada masyarakat Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah sebagai bagian dari kegiatan Rapat Kerja Kedeputian Bidang Jasa Ilmiah LIPI 2016 yang diselenggarakan pada 22-24 Maret 2016.

    Sebagaimana keterangan yang diperoleh, Senin 21 Maret 2016 disebutkan, berbagai hasil riset dan layanan ilmiah/industri LIPI yang disosialisasikan di Kebumen antara lain Repositori Ilmiah Nasional dan ID WOS. ID WOS adalah prototipe aplikasi yang menganalisis arah atau fokus iptek di Indonesia.

    Kemudian, ada kursi roda elektrik yang digerakkan melalui sinyal otak. Ada juga riset teknologi “nanobubble” yang memperbaiki kadar oksigen air untuk mendukung budidaya perikanan. Lalu, ada pula hasil riset terkait dengan pengembangan sistem mutu dan teknologi pengujian.

    Disampaikan pula layanan-layanan ilmiah/industri yang dimiliki LIPI, seperti layanan kalibrasi, pengujian produk industri, pembinaan industri pemula berbasis teknologi, penerbitan ilmiah, dan pembuatan multimedia iptek.

    Kedeputian Bidang Jasa Ilmiah LIPI juga memaparkan konsep pengembangan terbaru Science Techno Park (STP) dan Techno Park (TP) yang selama ini telah berjalan.

    “Semua hasil riset dan layanan ilmiah/industri yang akan dipaparkan dalam Rapat Kerja kali ini merupakan upaya LIPI agar lebih mendekatkan lagi hasil riset dan layanan ilmiah/industrinya kepada masyarakat, khususnya di Kebumen,” ujar Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI Bambang Subiyanto.

    Dia berharap, keberadaan hasil riset dan layanan ilmiah/industi dari LIPI mampu diaplikasikan di daerah guna mendorong daya saing daerah. Apalagi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) menuntut masyarakat memiliki daya saing agar memenangkan kompetisi di berbagai bidang.

    “Keterlibatan iptek dan inovasi menjadi penting karena masyarakat dan pemerintah (khususnya daerah) mampu memenangkan persaingan salah satunya dengan menerapkan hasil riset dengan cara inovatif,” katanya.

    Bambang mengatakan, LIPI saat ini tengah berupaya mendorong pemerintah daerah untuk menciptakan daya saing daerahnya dan mengidentifikasi keunggulan yang dimilikinya. Pihaknya berusaha pula bekerja sama dengan daerah agar hasil riset LIPI yang cocok dengan daerah tersebut bisa dikerjasamakan dan dikembangkan bersama.

    Khusus untuk Kabupaten Kebumen, Bambang melihat ada berbagai hasil riset LIPI yang dapat diterapkan di wilayah ini melalui aplikasi teknologi yang dilakukan oleh Pusat Inovasi LIPI.

    Tidak hanya sektor-sektor tersebut di atas, Bambang menyampaikan bahwa sektor-sektor lain pun masih terbuka untuk ditingkatkan melalui kerja sama dengan LIPI. (H.Agus Ibnudin/ pikiran-rakyat.com)



    _________________________________________________________________________________________

    DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

    _________________________________________________________________________________________
    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    beritakebumen@gmail.com

    =============================================================
    Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
    | FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
    =============================================================
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 comments:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: Hasil Riset dan Layanan Ilmiah LIPI Disosialisasikan di Kebumen Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas