• Kabar Terkini

    22 February 2016

    Komunitas Trail Simulasikan Evakuasi Korban Bencana

    KUTOWINANGUN (www.beritakebumen.info) - Tak sekadar menyalurkan hobi offroad, sejumlah komunitas pencinta motor trail juga ambil bagian dalam penanggulangan bencana alam di Kebumen. Salah satunya membantu melakukan evakuasi korban bencana maupun menyalurkan logistik ke daerah yang tidak bisa dilalui motor biasa.

    Untuk meningkatkan skill dan kompetensi melalui medan ekstrem, sejumlah komunitas trail di Kebumen menggelar latihan dan simulasi mengevakuasi korban bencana alam dan menyalurkan logistik di kawasan bukit Bulupitu, Kecamatan Kutowinangun, Kebumen, Sabtu (21/2). Kegiatan yang ditinjau Kapolres Kebumen AKBP Alpen itu melibatkan sejumlah komunitas trail, antara lain Trail Advanture Club Kebumen (Track), Komunitas Trabas Polres (Protap 39), Rolak, dan Warok.

    Kegiatan yang melibatkan warga desa setempat tersebut berlangsung cukup menarik. Dengan memboncengkan warga yang berperan sebagai korban bencana, para offroader naik turun tebing. Selain itu offroader lain mengangkut logistik, seperti air mineral, mie instan, beras dan obat-obatan.

    Antisipasi Bencana

    Simulasi berlangsung menarik. Awalnya para offroader secara bergiliran dengan lancar naik turun tebing. Terlihat Kasat Reskrim AKP Willy Budiyanto dan Kasat Lantas AKP Aditya Mulya juga mengikuti simulasi evakuasi tersebut. Namun saat hujan mengguyur, jalur tanah liat itu menjadi licin. Sehingga beberapa offroader terpaksa harus ditarik saat menaiki tebing.

    Kapolres Kebumen AKBP Alpen mengatakan, latihan dan simulasi evakuasi korban bencana dan distribusi logistik tersebut digelar dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana alam. Jika jalur tidak bisa dilalui sepeda motor biasa, maka akan mengunakan motor trail yang akan mengevakuasi korban maupun menyalurkan logistik.

    “Kami tidak berharap terjadi bencana alam, tetapi antisipasi tetap harus dilakukan. Artinya, jika sewaktu-waktu terjadi bencana semua elemen sudah siap melakukan penanggulangan bencana,” ujar AKBP Alpen kepada Suara Merdeka di selasela simulasi. Ketua Track Rahmat Hidayat menyampaikan, anggota komunitas trail di Kebumen sekitar 1.000 orang. (J19-32/suaramerdeka.com)



    _________________________________________________________________________________________

    DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

    _________________________________________________________________________________________
    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    beritakebumen@gmail.com

    =============================================================
    Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
    | FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
    =============================================================
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 comments:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: Komunitas Trail Simulasikan Evakuasi Korban Bencana Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas