• Kabar Terkini

    16 February 2016

    Komunitas Muda Mulai Menggeliat

    Kegiatan Silakoma. (Foto: Explore_Kebumen)
    GOMBONG (www.beritakebumen.info) - Dalam dua tahun terakhir berbagai komunitas yang digawangi oleh anak-anak muda muncul dan bergeliat di Kebumen. Komunitas-komunitas tersebut bergerak di sejumlah bidang meliputi pendidikan, lingkungan, fotografi, UMKM, hingga pariwisata. Sejumlah komunitas muda tersebut meliputi Kebumen Keren, Heart of Spora, Bengkel Mimpi, Pansela, Komunitas Kedung, Kebumen Mengajar, Komunitas Pusaka Gombong( Kopong), Forum UMKM Online. Kemudian Kampung Wisata Inggris Kebumen, Berita Kebumen, Kebumen Memotret, Eksplore Kebumen, Likuran Paseduluran, dan Fasilitator Muda.

    Keempatbelas komunitas tersebut menggelar pertemuan yang bertajuk "Silaturahmi Komunitas Muda Kebumen (Silakoma) di Roemah Matha Tilaar (RMT) Gombong", baru baru ini. Temu komunitas muda tersebut dihadiri oleh Bupati Kebumen terpilih Mohammad Yahya Fuad. Silaturahmi tersebut juga dihadiri Sekda Kebumen Adi Pandoyo dan sejumlah pejabat satuan kerja di Pemkab Kebumen meliputi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Bappeda dan Dinas Pekerjaan Umum (DPU).

    Iqbal Kautsar dari komunitas Kebumen Keren menyampaikan, sejumlah komunitas muda ini berdikari berdiri dan bertindak secara nyata setelah melihat masalah yang ada.
    "Kami memilih untuk menyalakan lilin daripada mengutuk kegelapan," kata Iqbal, komunitasnya memiliki kekhususan pada Branding Kabupaten Kebumen.

    Daya Saing

    Sekda Kebumen Adi Pandoyo mengaku, optimistis akan Kebumen lima tahun yang akan datang. Dia mengingatkan akan pentingnya usaha dalam berdaya saing, mengingat kebijakan ASEAN yang kini membuka pasar internasional. Kemajuan suatu daerah tergantung pada partisipasi masyarakatnya. Salah satu wujud nyatanya adalah melalui gerakan nyata para pelaku komunitas.

    "Diharapkan nantinya komunitas dapat menjadi mitra dari pemerintah daerah dan dengan diadakannya forum ini, maka mereka dapat saling mengenal dan berjejaring untuk melihat arah yang lebih besar untuk Kebumen," ujar Adi Pandoyo.

    Kegiatan Komunitas muda itu diakui sesuai dengan program bupati terpilih, yakni bersama menuju Kebumen yang maju, berdaya, sejahtera, agamis, dan unggul. Secara pribadi Mohammad Yahya Fuad mengapresiasi terhadap perjuangan komunitas muda yang terjaring di Roemah Martha Tilaar. Dia berharap sukarelawan dalam komunitas tidak tertutup hanya dari kalangan mahasiswa. "Tapi juga para pejabat, politisi, pengusaha, dan profesi lain dapat turun serta dalam beraktivitas mengabdikan diri kepada masyarakat, tentunya dengan hal yang tulus dan ikhlas," tandasnya. (J19-42/suaramerdeka.com)



    _________________________________________________________________________________________

    DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

    _________________________________________________________________________________________
    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    beritakebumen@gmail.com

    =============================================================
    Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
    | FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
    =============================================================
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: Komunitas Muda Mulai Menggeliat Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas