• Kabar Terkini

    27 February 2016

    Fraksi PDIP Dorong Pengisian Sekdes

    KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Kekosongan jabatan Sekretaris Desa (Sekdes) di hampir semua desa mendapat perhatian serius Fraksi PDI Perjuangan.

    Pasalnya, hal tersebut dinilai berpengaruh terhadap kinerja pemerintahan desa. “Terlebih sekarang kewajiban dan kewenangan desa bertambah, menyusul diberlakukannya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa,” terang Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Kebumen Dian Lestari Subekti Pertiwi saat ditemui Suara Merdeka, kemarin.

    Untuk itu, Dian yang juga anggota Komisi A DPRD Kabupaten Kebumen mendorong segera dilakukan pengisian Sekdes. Mengingat fungsi Sekdes cukup vital. Selain sebagai pejabat penatausahaan keuangan desa, juga menyelenggarakan administrasi pemerintahan desa yang baik.

    “Terlebih keberadaan kepala desa lebih sebagai pejabat politik, bukan pejabat teknokratis, seperti yang dimiliki seorang Sekdes,” jelas politisi asal Desa Petanahan Kecamatan Petanahan itu. Terkait kekosongan jabatan Sekdes, Dian mengaku telah berkoordinasi dengan mitra Komisi A DPRD Kabupaten Kebumen untuk mengkonsultasikan hal itu kepada Bupati Yahya Fuad.

    Dapat Dipertanggungjawabkan

    Pihaknya juga menyarankan agar segera dibuatkan regulasi yang mengatur pengisian jabatan tersebut. Adapun mengenai kriteria personel yang akan mengisi kekosongan Sekdes, Dian berharap orang yang memiliki kompetensi dan pengalaman di bidang administrasi pemerintahan desa.

    Jadi roda pemerintahan desa yang saat ini baru diisi Plt Sekdes bisa berjalan semestinya. Di samping itu penyelenggaraan pemerintahan desa juga mendapat kepastian hukum, proporsional, profesional, efektif, dan efisien. Di kabupaten berslogan Beriman ini, dari 459 desa yang ada, sudah terdapat 400 desa lebih yang mengalami kekosongan Sekdes.

    Dan dipastikan tak lama lagi seluruh desa mengalami kekosongan Sekdes. Mengingat, kekosongan jabatan tersebut akibat Sekdes PNS dialihtugaskan ke instansi lain. Jika dibiarkan terlalu lama, dikhawatirkan berdampak kurang baik.

    Bahkan terjadi permasalahan. “Padahal, dana yang akan dikucurkan ke desa tidak sedikit dan butuh perencanaan, pelaksanaan, dan menyampaikan laporan penyelenggaraan pemerintahan desa dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan,” tandasnya. (K5-32/suaramerdeka.com)



    _________________________________________________________________________________________

    DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

    _________________________________________________________________________________________
    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    beritakebumen@gmail.com

    =============================================================
    Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
    | FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
    =============================================================
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: Fraksi PDIP Dorong Pengisian Sekdes Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas