• Kabar Terkini

    27 February 2016

    Anak-Anak Belajar Kelola Sampah

    GOMBONG (www.beritakebumen.info) - Sampah menjadi persoalan krusial di era sekarang. Pemakaian plastik yang tak terkendali menjadikan sampah rumah tangga terus meningkat. Untuk itu, perlu kesadaran masyarakat untuk mengelola sampah agar tidak mengganggu kehidupan.

    Hal itu menjadi latar belakang tema “Menyikapi Sampah” yang diangkat Sekolah Alam Roemah Martha Tilaar (RMT) Gombong. Melalui tema itu, sejak usia dini anak-anak diajarkan agar mengeloka sampah hingga bijaksana terhadap pemakaian plastik.

    Sebanyak 40 anak TK/PAUD Aisyiyah I Gombong mengikuti acara wisata edukasi Program Kunjungan Lapangan, Sekolah Alam Roemah Martha Tilaar (RMT) Gombong, baru-baru ini. Kegiatan itu dikemas dalam aktivitas dalam dan luar ruangan dengan metode dan media kreatif. Salah satu wahana yang disajikan, yakni menonton sebuah film animasi pendek buatan anak dalam negeri yang berisi tentang petualangan dua orang anak.

    “Dari menonton film edukasi ini, disampaikan bahwa sampah selalu ada di sekitar kita dan ada cara-cara sederhana untuk menyikapinya,” ujar Alona Novensa dari RMT Gombong. Wahana lainnya berupa permainan yang bertujuan untuk membuat anak-anak berkonsentrasi dan dapat bekerja secara tim, seperti dalam permainan memilah sampah anorganik dan organik ke dalam tempat yang berbeda.

    Anak-anak mulanya merasa jijik begitu mendengar kata sampah. Tetapi sedikit demi sedikit mereka mengerti bahwa sampah bukanlah hal yang negatif yang ditakuti, namun dapat diatasi. “Program ini dibuat untuk memberikan hiburan, sekaligus pembelajaran untuk anak-anak sekolah yang jenuh akan aktivitas harian mereka,” ujarnya.

    Permasalahan Konsumsi

    Adapun tema sampah juga tidak bisa terlepas dari permasalahan konsumsi. Maka dari itu, anak-anak dari TK yang beralamatkan di Jalan Kartini itu juga disuguhkan jajanan sehat, berupa jajanan pasar. Hal ini juga sekaligus memberikan pendidikan akan mencintai produk lokal, jajanan pasar, seperti putri mandi, arem-arem, dan srabi.

    “Selain rasanya enak dan memiliki gizi tinggi, makanan itu juga dengan kemasan yang ramah lingkungan, karena dibungkus dengan daun pisang,” imbuhnya. Menurut Alona, kegiatan ini merupakan salah satu program khusus Roemah Martha Tilaar, yakni beauty education.

    Dengan program ini RMT ingin memberikan alternatif widya wisata yang murah namun kaya dengan isi. Saat ini telah disiapkan beberapa tema, seperti konservasi lingkungan, menyikapi sampah serta pengenalan tanaman obat, kosmetik aromatik. “Sampai saat ini, sejumlah sekolah dari tingkat PAUD sampai SMA di Kebumen hingga Purbalingga telah memanfaatkan program ini,” ujarnya. (J19-32/suaramerdeka.com)



    _________________________________________________________________________________________

    DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

    _________________________________________________________________________________________
    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    beritakebumen@gmail.com

    =============================================================
    Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
    | FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
    =============================================================
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: Anak-Anak Belajar Kelola Sampah Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas