• Kabar Terkini

    23 January 2016

    Sabuk Hijau Ditanami 8.348 Bibit Pohon

    SEMPOR (www.beritakebumen.info) - Sebanyak 8.348 bibit pohon ditanam di kawasan sabuk hijau (greenbelt) Waduk Sempor, Kebumen. Penanaman bersama itu dilaksanakan atas kerja sama Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO), Kodim 0709 Kebumen, mahasiswa KKN Unsoed dan masyarakat setempat.

    Bibit tersebut ditanam di dua desa di Kecamatan Sempor, yakni Desa Kedungwringin 4.218 bibit pohon yang terdiri atas pucung 881 bibit, kemiri 1.391 bibit, dan trembesi 1.946 bibit.

    Kemudian untuk di Desa Sempor sejumlah 4.130 bibit yang terdiri atas pucung 818 bibit, kemiri 258 bibit, trembesi 3.054. Secara simbolis penanaman bersama dipusatkan di Desa Kedungwringin, Kecamatan Sempor, Kamis (21/1).

    Hadir Kepala Seksi Pelaksana OP BBWSSO Sudarto, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0709 Kebumen Mayor Arm E Suparjo, Kepala Dinas Sumber Daya Air Sumber Daya Mineral (SDAESDM), dan jajaran Muspika Sempor. Kegiatan tersebut juga melibatkan mahasiswa KKN Posdaya Unsoed Purwokerto dan masyarakat desa setempat.

    Cegah Sedimentasi

    Panitia pelaksana penanaman bersama, Arde Cahyadi Sukma menyampaikan, kegiatan penanaman bersama itu merupakan tindak lanjut program pemberdayaan masyarakat sekitar waduk.

    Kegiatan diawali dengan curah pendapat bersama masyarakat dan pemangku kepentingan mengenai jenis tanaman yang dibutuhkan dan cocok tumbuh serta pengorganisasian masyarakat. Terbentuklah kelompok pemanfaat sabuk hijau sejumlah 293 penggarap untuk Desa Kedungwringin dan 147 di Desa Sempor.

    “Kami berharap penanaman pohon ini berhasil guna memberikan kesejahteraan dan kelestarian sumberdaya air,” ujar Arde Cahyadi Sukma dalam laporannya. Kasdim 0709 Kebumen Mayor Arm E Suparjo yang mewakili Dandim 0709 Letkol Inf Putra Widyawinaya menyampaikan, bibit yang ditanam kali ini, meliputi jenis pohon kemiri, pucung dan trembesi.

    Khusus pohon Trembesi salah satu fungsinya mampu menahan air. Kegiatan penanaman dengan sasaran daerah yang selama ini rawan terhadap erosi dan bisa mencegah sedimentasi Waduk Sempor.

    Sabuk hijau, imbuh Kasdim, merupakan ruang terbuka hijau yang memiliki tujuan utama untuk membatasi perkembangan suatu penggunaan lahan atau membatasi aktivitas satu dengan aktivitas lainnya agar tidak saling mengganggu.

    Kehadiran greenbelt seharusnya dipandang tidak saja dari fungsi fisik, tetapi juga fungsi ekologi dan juga fungsi sosial sekaligus, mengakomodasi sarana rekreasi alam, produksi pertanian, fungsi lindung dan fungsi hutan.

    “Pentingnya gerakan penghijauan bagi lingkungan sekitar kita tentunya akan bisa berpengaruh baik terhadap manusia dan spesies yang ada di dekatnya,” ujarnya seraya mengajak kepada masyarakat agar melakukan penghijauan secara berkesinambungan. (J19-32/suaramerdeka.com)



    _________________________________________________________________________________________

    DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

    _________________________________________________________________________________________
    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    beritakebumen@gmail.com

    =============================================================
    Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
    | FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
    =============================================================
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 comments:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: Sabuk Hijau Ditanami 8.348 Bibit Pohon Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas