• Kabar Terkini

    06 December 2015

    Terjemah Al-Quran Bahasa 'Kebumenan'

    Terjemah Al-Quran dengan Bahasa Kebumenan. (Foto: banyumasnews)
    KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Kementerian Agama menerbitkan Kamus Istilah Keagamaan (KIK) dan Terjemahan Al-Qur’an Bahasa Daerah Sebagai bentuk apresiasi terhadap keragaman bangsa. Al Qur'an, Kitab Suci dan pedoman hidup bagi umat Islam di seluruh duni, termasuk Indonesia, memang harus dipahami arti (terjemahan) dan maknanya agar dapat diamalkan dengan baik dan benar.

    Terjemahan Al-Qur’an Bahasa Daerah produk Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan ini terdiri dari 3 bahasa, yakni Minang, Dayak dan bahasa Jawa. Launching dilakukan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Auditorium HM Rasjidi kantor Kemenag Jalan MH. Thamrin No. 6 Jakarta Pusat, Kamis (3/12/2015). Dengan diterjemahkannya Al-Qur’an ke dalam bahasa daerah, menteri agama berharap banyak manfaat yang dapat diterima masyarakat. Diantaranya memberikan pelayanan keagamaan umat, terutama bagi yang tidak akrab dengan Bahasa Indonesia, dengan kehadiran Terjemah Al-Qur’an Bahasa Daerah, maka masyarakat lokal (daerah) memiliki kesempatan untuk memahami isi Al-Qur’an itu sendiri, yang kemudian bisa mengamalkannya sebagai pedoman hidup kesehariannya. Kedua, diharapkan dapat membantu pelestarian, konservasi, atau pemeliharaan budaya lokal, khususnya bahasa sebagai unsur terpenting dari suatu budaya.

    Bahasa 'Kebumenan' sebagai bahasa sehari-hari masyarakat Kebumen termasuk kedalam satu rumpun Bahasa Jawa. Di Kebumen sendiri terdapat lebih dari satu dialek Bahasa Jawa yang umum digunakan masyarakat. Dialek 'mbandek' banyak digunakan oleh masyarakat Kebumen bagian timur seperti Kutowinangun, Ambal, Mirit, Prembun. Sedang dialek 'Ngapak' atau 'Banyumasan' umum digunakan masyarakat Kebumen wilayah tengah ke barat seperti Kec.Kebumen, Karanganyar, Gombong yang lebih dekat dengan Banyumas. (bk01/mat)


    _________________________________________________________________________________________

    DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

    _________________________________________________________________________________________
    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    beritakebumen@gmail.com

    =============================================================
    Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
    | FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
    =============================================================
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: Terjemah Al-Quran Bahasa 'Kebumenan' Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas