• Kabar Terkini

    02 December 2015

    Sindikat Pengedar Uang Palsu Dibongkar

    KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Masyarakat tampaknya harus mewaspadai peredaran uang palsu. Bagaimana tidak, jajaran Satreskrim Polres Kebumen baru-baru ini membongkar sindikat pengedar uang palsu.

    Tiga orang tersangka ditangkap dan 150 lembar uang palsu pecahan Rp 100.000 senilai total Rp 15 juta siap edar berhasil diamankan.

    Seorang tersangka ditangkap saat tengah beraksi membelanjakan uang palsu di Pasar Keylom, Desa Patukgawemulyo, Kecamatan Mirit, pertengahan November. Sedangkan dua orang lainnya dibekuk di rumahnya masing-masing.

    Para tersangka pengedar uang palsu adalah Imam Asngadi (48), warga Perumahan Villa Permai Kelurahan Krincing, Secang Magelang, Nuryanto (63), warga Dusun Congkrang, Desa Pasangsari Windusari Magelang dan Much Zuhdi (63), warga Mendak Selatan Desa Banyuwangi Bandongan Magelang. Selain uang palsu, dari tangan para tersangka juga menyita uang asli senilai Rp 529.000.

    “Uang asli ini merupakan hasil pembelanjaan uang palsu yang dilakukan tersangka,” ujar Kapolres Kebumen AKBP Faizal SIK MH didampingi Wakapolres Kompol Parasian Herman Gultom pada gelar perkara Mapolres Kebumen, Selasa (1/12).

    Didampingi pula Kasatreskrim AKP Willy Budiyanto, Kasatlantas AKP Aditya Mulya Ramadhani dan Kasubag Humas AKP Wasidi, Kapolres menuturkan, sindikat itu terbongkar setelah ada laporan dari salah satu pedagang di Pasar Patukgawemulyo Mirit yang curiga dengan uang milik tersangka Imam.

    Dari laporan tersebut, tim Buser Satreskrim Polres Kebumen dan Polsek Mirit segera datang ke lokasi. Tersangka yang ditangkap adalah Imam Asngadi sebagai eksekutor.

    Dari tangan tersangka ini didapat tiga lembar uang palsu pecahan Rp 100.000 dan sejumlah uang asli hasil pembelanjaan uang palsu. “Tersangka IA ini membawa Rp 700.000 uang palsu, yang Rp 400.000 sudah dibelanjakan, sisanya kami amankan sebagai barang bukti,” beber Kapolres.

    Pedagang Kecil

    Menurut Kapolres, pelaku menyasar para pedagang kecil di pasar tradisional yang tidak memiliki alat deteksi uang. Agar tidak dicurigai, pelaku juga membeli barang kebutuhan pokok, seperti beras, sayuran hingga ikan asin.

    Selain di Kebumen, pelaku juga beraksi di Magelang, Purworejo dan Wonosobo. “Beruntung ada salah satu pedagang di Kebumen yang curiga dengan uang palsu yang digunakan pelaku untuk berbelanja,” ujarnya.

    Sepitas, uang palsu milik tersangka mirip dengan aslinya, karena memiliki benang pengaman dan tanda air. Tetapi jika diamati secara seksama benang pengamannya putus-putus alias tidak lurus, seperti uang asli.

    “Jika diraba, kertasnya juga lebih tebal dan kasar. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Bank Indonesia Cabang Purwokerto. Hasilnya, uang milik tersangka ini memang palsu,” tandas Kapolres. Berdasarkan pengakuan tersangka, dia mendapatkan uang tersebut dari tersangka Much Zaedi yang juga berhasil diamankan petugas.

    Dari tangan residivis kasus upal ini, diamankan tujuh lembar uang palsu pecahan Rp 100.000. Pengembangan terus dilakukan hingga akhirnya muncul nama Nuryanto.

    Tersangka inilah yang menjual uang palsu tersebut kepada Zaedi. Untuk setiap Rp 5 juta uang palsu, tersangka membelinya dengan harga Rp 2 juta atau dengan perbandingan Rp 5 juta dibanding Rp 2 juta. “Kami masih memburu jaringan kelompok ini yang berperan mencetak uang palsu tersebut.

    Namanya sudah kami kantongi dan masih dalam penyelidikan,” imbuhnya seraya menyebutkan tersangka dijerat Pasal 36 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2011 dengan ancaman pidana maksimal 15 tahun dan denda maksimal Rp 50 miliar. (J19-32/suaramerdeka)



    _________________________________________________________________________________________

    DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

    _________________________________________________________________________________________
    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    beritakebumen@gmail.com

    =============================================================
    Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
    | FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
    =============================================================
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: Sindikat Pengedar Uang Palsu Dibongkar Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas