Kilas Berita:

Sempat Dirazia, Penambangan Malah Bergeser

KARANGSAMBUNG(www.beritakebumen.info) - Tim dari Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah terus melakukan penertiban penambangan batu ilegal dengan peledakan di kawasan situs Gunung Parang Dukuh Watu Tumpang Desa/Kecamatan Karangsambung Kebumen. Kedatangan tim dari Polda untuk melihat kerusakan lokasi dan menindak para penambangnya. Namun pasca penindakan tersebut, banyak penambang yang kemudian berpindah lokasi penambangannya ke bukit batu di Dukuh Dakah Desa Karangsambung.

"Pasca kedatangan tim dari Polda kemarin, memang ada efek jera bagi para penambang. Penambangan di Gunung Parang kini banyak berkurang, hanya tinggal sekitar 40 persen dari kuantitas penambangan sebelumnya. Tak tahunya, lokasi penambangan di Dakah yang tadinya sepi, sekarang jusru dibanjiri penambang yang berpindah dari Gunung Parang," ujar Humas Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Informasi dan Konservasi Kebumen Karangsambung (BIKKK) LIPI, Novi Purnami, di ruang kerjanya, Senin (30/11/2015).

Menurut Novi, maraknya penambangan batu ilegal dengan peledakan dinamit di Gunung Parang, salah satu bagian dari kawasan Cagar Alam Geologi Nasional, sangat mencemaskan mengingat merusak banyak bagian situs batu purba berumur jutaan tahun. Selain sebagai lokasi penelitian mahasiswa dan pakar geologi, situs tersebut juga sebagai salah satu jejak sejarah pembentukan bumi.

"Mengingat lokasi tersebut adalah kawasan cagar alam yang dilindungi secara hukum, maka Polda turun tangan untuk melakukan tindakan," ujar Novi. (krjogja.com/Dwi)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!