Kilas Berita:

Sekolah Swasta Masih Didiskriminasi, Guru Madrasah Curhat ke Cabup

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Kebijakan pemerintah dinilai masih mendiskriminasikan sekolah swasta dan guru swasta. Kebijakan membangun sekolah negeri baru terus dilakukan pemerintah padahal keberadaan sekolah negeri baru ini jelas mematikan sekolah swasta yang ada.

“Banyak contoh sekolah maupun madrasah swasta langsung kolaps begitu ada sekolah negeri baru di sekitarnya,” ujar Ketua Forum Kerja Guru MTs Swasta Kabupaten Kebumen, Ayit Mustofa di sela-sela acara silaturahmi di Aula Kantor Kemenag, kemarin. Ayit menilai langkah pemeriah kurang bijak.

Menurut dia lebih arif jika pemerintah memberdayakan atau mengoptimalkan sekolah swasta yang sudah ada. Sekolah swasta harusnya didorong lebih kompetitif dan berkualitas, tak perlu membangun sekolah baru yang justru malah mematikan sekolah-sekolah swasta. Dalam acara silaturahmi itu, para guru curhat kepada calon bupati nomor urut 2 Mohammad Yahya Fuad yang hadir dalam acara tersebut.

Insentif

Mereka yakin jika terpilih pasangan Mohammad Yahya Fuad-Yazid Mahfudz bisa memperjuangkan kesejahteraan guru madrasah swasta yang belum mendapat perhatian dari pemerintah daerah. Honor yang diterima guru madrasah swasta sangat tergantung dari kemampuan finansial yayasan.

Tak heran jika banyak yang hanya mendapat honor di kisaran Rp 300.000-Rp 500.000 per bulan atau masih jauh di bawah UMK. Guru madrasah swasta di Kebumen sekitar 4.000 guru memang mendapat insentif berupa tunjangan fungsional sebesar Rp 250.000/bulan.

Tapi hanya berasal dari pusat, itupun baru cair setiap 6-10 bulan sekali. Sedangkan insentif dari APBD Kebumen sama sekali tidak ada. “Dulu zamannya Bu Rustri (Rustrinigsih—Red) sempat ada tapi cuma setahun,” kata Kepala MTs Al Ghozali Kecamatan Mirit tersebut.

Mereka berharap di bawah kepemimpinan Yahya Fuad, madrasah swasta di Kebumen bisa lebih diperhatikan. Baik soal peningkatan kesejahteraan guru madrasah swasta maupun peningkatan kualitas madrasah swasta. Ayit yakin dengan kemampuan Yahya Fuad untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Kebumen. Selain berpendidikan tinggi dan cerdas, dunia pendidikan juga bukan hal asing baginya.

Sebab, dia sudah lama berkecimpung di dunia pendidikan dengan mendirikan Pondok Pesantren Al Kamal, beserta MTs dan MA Nurrohmah di Kuwarasan. (J19-52/suaramerdeka.com)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!