• Kabar Terkini

    03 December 2015

    Klinik Konseling Deteksi 89 Positif AIDS, 14 di Antaranya Ibu Hamil

    KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Bulan Voluntary Counseling Test (VCT) diluncurkan di pendapa rumah dinas bupati, Selasa (2/12). Kegiatan dalam rangka peringatan Hari AIDS Sedunia itu diisi sarasehan narasumber sekda yang juga Ketua Pelaksana Komisi Penanggulangan AIDS kabupaten ini Adi Pandoyo dan Kepala Dinas Kesehatan, Rini Kristiani.

    Dalam bulan VCT ini ditargetkan sebanyak 5.000 kunjungan. Hingga bulan kemarin, jumlah kunjungan pada klinik konseling dan tes untuk mendeteksi HIV itu sebanyak 10.472 orang yang 89 di antaranya positif HIV/AIDS. Dari sebanyak 10.472 orang itu terdapat ibu hamil sebanyak 5.298 orang yang 14 di antaranya positif HIV/AIDS.

    “VCT bagi ibu hamil untuk mencegah penularan HIV/AIDS dari ibu ke anak,” kata Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan pada Dinas Kesehatan, Tri Anggorowati saat ditemui Suara Merdeka di sela-sela sarasehan kemarin. Tri Anggorowati di tengahtengah sarasehan menggantikan Rini Kristiani yang harus ke Semarang untuk tugas kedinasan.

    Menurutnya, target pemeriksaan VCT bagi ibu hamil pada tahun ini sebanyak 21.827 orang, sehingga realisasi 5.298 ibu hamil itu baru mencapai 24,27 persen. Melalui bulan VCT ini, diharapkan target dapat tercapai.

    Revolusi Mental

    Selain ibu hamil, bulan VCT juga menyasar tuberculosis (TB) serta masyarakat berisiko. Adi Pandoyo meminta semua pihak bergerak untuk mencegah, menangkal, menanggulangi HIV/AIDS.

    Dalam kesempatan itu juga dilaksanakan penandatanganan komitmen bersama yang diikuti Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), kepala badan, kantor, inspektur, setwan, dan para kepala bagian. “Di Kebumen juga telah dibentuk warga peduli AIDS (WTA) di 150 desa yang 120 desa di antaranya sudah diberi pelatihan,” imbuhnya.

    Pj Bupati Kebumen, Arief Irwanto menekankan pentingnya melakukan revolusi mental dengan mengubah perilaku dari kurang baik menjadi baik. Kita pun harus berani untuk menghindari hal-hal yang berisiko tinggi. Sinergitas dalam penandatanganan komitmen bersama ini diharapkan berdampak pada kinerja SKPD, terutama KPA untuk menekan HIV/AIDS.

    Di kabupaten berslogan Beriman ini terdapat 463 penderita HIV/AIDS. Arief pun menyampaikan sisi keagamaan yang tidak kalah penting dalam penanggulangan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh tersebut. “Mari bersama-sama tanggulangi HIV/AIDS karena pemkab memiliki keterbatasan,” tutur Arief. (K5-28/suaramerdeka.com)



    _________________________________________________________________________________________

    DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

    _________________________________________________________________________________________
    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    beritakebumen@gmail.com

    =============================================================
    Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
    | FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
    =============================================================
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 comments:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: Klinik Konseling Deteksi 89 Positif AIDS, 14 di Antaranya Ibu Hamil Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas