Kilas Berita:

Jadi CEO MeoTalk, Gadis 'Ngapak' ini Tetap Rendah Hati

Novi Wahyuningsih gadis berumur 24 tahun asal Yogyakarta yang merupakan CEO (chief executif officer) perusahaan yang bergerak di media sosial dan game yang berbasis di Malaysia. (Tempo/Muh Syaifullah)
YOGYAKARTA (www.beritakebumen.info) - Gadis belia ini tampak grogi saat wartawan mewancarinya. Namun siapa sangka gadis bernama Novi Wahyuningsih yang masih belum pengalaman menghadapi media ini menyimpan prestasi yang tinggi di bidang aplikasi media sosial.

Di usia yang baru 24 tahun ini, alumnus Universitas Gajah Mada DII Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis sudah menduduki posisi tinggi di sebuah perusahaan medsos dan aplikasi game yang berbasis di Malaysia. Novi didapuk menjadi CEO MeoTalk dan game Monzter yang baru diluncurtkan 28 November ini.

Sejak 2011, Novi sudah mempunyai ide untuk membuat aplikasi MeoTalk dan game Monzter. Namun baru bisa digarap sejak Januari 2015. Berkat ide briliannya menciptakan aplikasi MeoTalk dan game Monzter, gadis kelahiran Karanganyar, Kebumen Jawa Tengah yang masih kental diealek Jawa "ngapak" ini mendapatkan reward saham dari Global Century Limited senilai Rp 2,6 miliar.

"Saya belajar dari orang-orang yang sudah berhasil. Amati, tiru dan modifikasi," kata Novi, Ahad 29 November 2015.

Novi sudah menciptakan lima platform. Yaitu MeoTalk, Monzter, happybid, metgames dan vooilaa. Namun baru Meotalk dan Monzter yang diluncurkan. Nantinya semua aplikasi nantinya akan berhubungan.

MeoTalk merupakan aplikasi media sosial yang bisa diunduh melalui Play Store di perangkat pintar. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa mengobrol melalui medsos ini. MeoTalk menjadi aplikasi chatting generasi baru dengan teknologi canggih untuk mengubah cara orang biasanya bertemu dan berkomunikasi dengan orang-orang baru.

Sebenarnya, MeoTalk tidak jauh beda dengan media chatting lainnya. Namun aplikasi ini mempunyai banyak kelebihan. Selain bisa mengobrol hanya dengan suara, tulisan bahkan dengan video bisa dilakukan. Tidak hanya itu, setiap pengunduh aplikasi ini mendapatkan reward berupa Gepoint. Yaitu uang virtual yang bisa digunakan untuk belanja di toko yang sudah menyediakan sarananya.

Gadis kelahiran Kebumen, 6 November 1991 itu hanya menempuh selama satu tahun enam bulan untuk kuliah D3 di Universitas Gadjah Mada. Ide untuk berkecimpung dalam dunia aplikasi media sosial dan game ini membuat dia menjadi Country Manager dan CEO MeoTalk.

Di Yogyakarta ia membuka kantor di Jalan Magelang, Sleman. Untuk di Indonesia cukup empat karyawan saja yang dipekerjakan. Tetapi di kantor pusatnya di Malaysia, ada sebanyak 100 pegawai yang menangani aplikasi-aplikasi di dunia maya.

Novi mengatakan penduduk Indobesia saat ini lebih dari 250 juta. Aplikasi dari negara lain bebas masuk. Sedangkan pengguna media sosial lebih dari 100 juta orang.

"Kenapa dari dulu orang Indonesia tidak membuat aplikasi sendiri, sekarang memang mulai ada aplikasi buatan Indonesia," kata Novi.

Karena prihatin, ia menggandeng sahabat-sahabatnya dari negara lain untuk membuat aplikasi media sosial dan game untuk perangkat pintar. Saat peluncuran pertama di Indonesia, datang 600 an orang dari 12 negara untuk mengikuti acara di Hotel Tentrem Yogyakarta.

"Kami menggunakan transaksi dengan mata uang digital yaitu G point. Bisa digunakan transaksi apa pun," kata dia.

Novi berharap, aplikasi media sosial dan game serta aplikasi lainnya bermanfaat bagi masyarakat. Ketika ada yang mengunduh aplikasi ini, otomatis dapat refund. Saat bermain game, chatting, unggah status mendapatkan poin yang bisa ditukar dengan uang dolar Amerika. "Saat terkumpul 1 juta poin, dapat ditukar US$ 100. Taget saya ada 100 juta pengguna aplikasi ini dari Indonesia." .

Dalam tiga tahun ke depan, gadis berambut panjang ini berambisi lima aplikasinya bisa menembus satu miliar user. Saat peluncuran selama satu hari, sudah ada 4.000 orang yang mengunduh Meotalk.

Novi mempunyai prinsip dalam menjalani hidup, selalu menjaga amanah dari siapapun, selalu berani mencoba sesuatu yang baru. "Selagi itu positif kenapa tidak, jatuh bangun itu hal yang biasa, yang penting tidak ada kata menyerah dalam hidup. Selebihnya untuk hasil percayakan kepada yang Kuasa."

(MUH SYAIFULLAH/bisnis.tempo.co)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!