Kilas Berita:

Guru Didorong Maksimalkan Pemanfaatan TIK

SRUWENG (www.beritakebumen.info) - Para guru didorong memaksimalkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di lingkungan sekolah. Penguasaan dan pemanfaatan TIK secara maksimal menjadi keharusan untuk menghadapi globalisasi termasuk pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Demikian disampaikan oleh Bussines Manager Intel Indonesia, Irwan Gunanto, saat menjadi narasumber dalam Diskusi Persiapan UN-CBT 2016 di Rumah Makan Yunani, Sruweng, Kebumen, baru-baru ini.

Diskusi yang dilaksanakan atas kerja sama antara Laris Komputer, Intel Indonesia dan PGRI Kebumen itu diikuti oleh 76 peserta yang meliputi kepala sekolah dan guru di 60 sekolah SMA, SMK dan SMP. Dalam kesempatan itu, Irwan memaparkan perkembangan teknologi di era globalisasi dan bagaimana pemanfaatan untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Dia menekankan, pentingnya TIK karena kompetisi saat ini tidak hanya dengan sumber daya menusia dalam negeri, tetapi. Juga harus berkompetisi dengan tenaga kerja luar negeri. “Dengan penguasaan teknologi, orang Indonesia bisa bekerja dari rumah,” ujarnya.

Selain Irwan, pembicara lain dihadirkan Technical Intel Education, Ali Ishaq, yang mengulik mengenai program-program yang dimanfaatkan oleh para guru. Dalam kesempatan itu dikenalkan pula produk komputer yang berbentuk kecil yakni Intel NUC.

Hemat

Intel NUC merupakan PC yang hemat tempat, dan irit daya dengan kemampuan yang sama dengan komputer standar. “Daya satu komputer bisa menghidupkan sekitar 10 Intel NUC,” ujar Direktur Laris Komputer, Bekti Eko Pramono.

Saat ini di Kebumen yang sudah memakai Intel NUC adalah SMA 1 Kebumen yakni sebanyak 39 unit. “Yang menjadi kendala, pada PC biasa saat seluruh komputer dinyalakan, listrik anjlok. Tetapi dengan Intel NUC itu tidak akan terjadi,” ujar Bekti Eko Pramono.

Eko menambahkan, diskusi itu sekaligus pengenalan teknologi pada guru SMP, SMA, dan SMA sehingga mereka dapat memanfaatkan untuk menyelesaikan tugas sehari-hari. “Diskusi ini juga memberi nilai tambah, karena seluruh peserta mendapatkan sertifikat,” tandasnya. (J19-78)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!