Kilas Berita:

Daop 5 Purwokerto Waspadai 28 Titik Rawan Bencana di Jalur KA

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - PT KAI Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto, Jateng, mewaspadai 21 titik rawan di jalur KA selama musim hujan. Pemantauan dilakukan di titik rawan longsor, ambles dan rawan banjir.

Ada 15 titik lokasi rawan longsor di mana sebagian besar berada di lintas tengah antara Prupuk- Kroya yakni sebanyak 10 titik. Masing- masing 3 titik antara Prupuk- Linggapura, Kabupaten Brebes, 4 titik antara Patuguran-Karanggandul dan 3 titik antara Notog- Kebasen, Kabupaten Banyumas

"5 titik rawan longsor lainnya berada di lintas selatan, antara Soka- Kebumen, Tambak- Ijo, Sidareja- Gandrungmangun, Meluwung- Cipari dan Rancakole- Langen," kata Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Surono. Senin (30/11/2015).

Sementara 9 titik lokasi jalur KA yang rawan ambles seluruhnya berada di lintas selatan. Masing- masing tersebar di Kabupaten Kebumen, antara Kutowinangun- Gombong sebanyak 4 lokasi dan 5 lokasi yang lain berada di Kabupaten Cilacap antara Kroya- Langen.

"Jumlah titik rawan ambles tersebut sudah berkurang, sebelumnya 14 titik lain di lintas selatan sudah dilakukan penanganan. Sedang 4 titik lagi masih terus sedang dikerjakan penanganannya," ujarnya.

Penanggulangan lokasi rawan ambles dilakukan menggunakan metode urugan pasir, pemasangan trucuk rel dan bronjong serta pemasangan portal Seno.

Metode portal Seno dilakukan dengan memasang portal penyangga jalur KA menggunakan rel sepanjang lokasi rawan ambles. Jalur KA yang rawan ambles tersebut disebabkan berada pada struktur tanah yang labil.

"Metode temuan Ir Slamet Suseno (Direktur Prasarana PT KAI) ini terbukti efektif menangani amblesan di jalur KA. Amblesan terjadi karena retakan tanah saat musim kemarau yang menyebabkan terjadi penurunan saat hujan. Amblesan pada jalur KA menyebabkan ketidakstabilan yang dapat membahayakan perjalanan KA," ucapnya.

Dijaga 24 jam

PT KAI Daop 5 memberikan perhatian khusus terhadap 4 lokasi rawan longsor dengan menempatkan petugas penjaga selama 24 jam penuh.

Keempat titik rawan longsor yang dijaga non stop tersebut masing- masing berada di km 304+2/3 antara Prupuk- Linggapura, km 361+1/3 antara Notog- Kebasen, Km 422+9/ 423+9 antara Tambak- Ijo dan km 449+3/0 antara Soka- Kebumen.

Keempat titik tersebut berupa tebing disisi jalur KA yang rawan longsor.

"Jika terjadi longsoran penjaga akan segera melaporkan ke pusat kendali KA di Purwokerto untuk diambil langkah- langkah pengamanan perjalanan KA. Bahkan dalam situasi darurat mereka berhak menghentikan KA yang sedang melintas untuk mencegah kecelakaan," jelasnya.

Selain lokasi rawan longsor dan ambles, PT KAI Daop 5 juga mewaspadai 4 lokasi rawan banjir di jalur KA. Masing- masing berada antara Karangsari- Patuguran, Ijo- Gombong, Gombong- Karanganyar dan Wonosari- Kutowinangun.

Sementara 4 jembatan KA dengan bentang panjang juga mendapat perhatian selama musim hujan. Keempatnya adalah jembatan sungai Logawa antara Purwokerto- Notog, jembatan sungai Serayu di Kebasen, jembatan sungai Serayu antara Maos- Kesugihan dan jembatan sungai Lukulo di Kebumen.

"Terhadap lokasi rawan longsor, ambles, banjir dan jembatan panjang tersebut dilakukan penjagaan secara situasional. Saat turun hujan lebat petugas akan menjaga dan mengawasi lokasi- lokasi rawan tersebut," ungkapnya.
(arb/fdn/detik.com)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!