Kilas Berita:

150 Sukarelawan Siap Kawal Pilkada Bersih

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Sebanyak 150 sukarelawan se Kabupaten Kebumen menyatakan siap mengawal pilkada bersih 9 Desember 2015. Mereka akan bertugas membantu pengawas pemilu lapangan (PPL) dan panwascam saat hari tenang hingga penghitungan suara di TPS.

Hal itu diungkapkan Ketua Panwas Pilkada Kebumen, Suratno usai Seminar “Mewujudkan Pilkada Damai, Berkualitas dan Berkeadaban di Hotel Candisari, Karanganyar, Selasa kemarin. Seminar yang diprakarsai Masyarakat Peduli Kebumen itu dibuka oleh Andi Fajar. Sebagai narasumber Ketua Panwas dan Komper Wardopo (Suara Merdeka) .

Menurut Suratno, para sukarelawan sangat dibutuhkan dalam pengawasan Pilkada 9 Desember mendatang. Mengingat jumlah petugas pengawas pemilu lapangan (PPL) hanya 460 orang. Sedangkan jumlah TPS se Kebumen ada 2.385 tempat.

Padahal para sukarelawan itu bekerja tidak mendapat honorarium. Namun mereka memiliki niat mulia membantu PPL dan panwascam sejak saat kampanye, hari tenang, pencobolosan hingga penghitungan suara.

Farkhan, warga Perum Mega Biru Kelurahan Bumirejo Kebumen menyatakan, selama ini dia menjumpai tim sukses (timses) pasangan calon yang berkeliling membantu air bersih. Ada pula timses yang membantu pengaspalan jalan. Namun bantuan itu disertai dengan spanduk dan stiker mengajak memilih pasangan tertentu.

“Apakah itu pelanggaran atau bukan, dan bagaimana melaporkannya?” Sukarelawan dari Kecamatan Ambal, Zamzuri mengeluhkan minimnya sosialisasi pendidikan pemilih dalam pilkada serentak kepada generasi muda. Bahkan dia khawatir, selama ini anak muda yang termasuk pemilih pemula enggan menggunakan hak pilihnya jika tak ada amplop atau uang.

Tidak Boleh

Suratno menegaskan, sesuai ketentuan aturan di KPU, bantuan sosial air atau pengaspalan jalan dengan disertai mengajak atau memakai stiker dan spanduk tidak boleh. Bila sukarelawan menjumpai hal demikian, diminta segera melapor ke PPL dan panwascam.

Adapun untuk material alat peraga yang diperbolehkan KPU maksimal seharga Rp 25 ribu, stiker ukurannya 5×10 cm. Sedangkan Komper Wardopo mengingatkan, untuk mewujudkan pilkada damai, berkualitas dan berkeadaban, menjadi tanggung jawab banyak komponen. Mulai dari tiga pasang calon, partai politik, serta KPU dan panwas.

Di sisi lain, para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh ormas dan LSM serta media massa juga turut andil dalam mendorong terwujudnya pesta demokrasi yang berkualitas. Menurut dia, Pilkada 9 Desember diharapkan melahirkan pemimpin daerah yang mampu membawa Kebumen lebih maju dan sejahtera.

Namun semua pemangku kepentingan harus mampu bersikap dewasa dalam berpolitik. utamanya para calon harus siap menang dan siap kalah agar pilkada tidak menimbulkan polarisasi di masyarakat.(B3-28/suaramerdeka.com)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!