Kilas Berita:

Terapkan ”Hebat’’, Raih Juara I Nasional

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Prestasi membanggakan diraih oleh Kepala SMP 1 Kebumen Ari Sulistiowati. Dalam ajang lomba kepala sekolah berprestasi tingkat nasional di Jakarta pada 18-24 Oktober lalu, Ari Sulistiowati berhasil menyabet gelar juara pertama nasional.

Pada saat Celebration Day di sekolah, Kamis (26/11) Ari Sulistiyowati menyampaikan, dalam tugasnya sebagai kepala sekolah, dia menerapkan manajemen ‘’Hebat’’ (harmonis, empati, berani ambil langkah beda dan risiko, antusias).

Selama memimpin sekolah, dirinya fokus pada tujuan yang ditetapkan. ‘’Tentu keberhasilan ini tidak lepas dari peran semua pihak,’’ ujar Ari, dalam sambutannya. Berbagai prestasi diraih oleh SMP 1 Kebumen selama tiga tahun pelajaran.

Siswa SMP 1 Kebumen berhasil meraih puluhan kejuaraan lomba di tingkat nasional, provinsi, eks-Karesidenan Kedu, dan Kebumen. Kejuaraan itu di antaranya di bidang akademis seperti OSN, KIR, dan LCC, di bidang olahraga dan seni budaya serta pramuka dan PMR.

Kejuaraan yang berhasil diraih oleh siswa SMP 1 Kebumen meliputi lomba akademik dan nonakademik, hal tersebut sekaligus menunjukkan bahwa selama ini opini masyarakat yang menganggap SMP 1 Kebumen hanya mementingkan akademik saja tidak tepat.

Karena kenyataannya juga berhasil meraih kejuaraan di bidang nonakademik. ’’Baru beberapa bulan di tahun pelajaran 2015/2016 sekolah kami berhasil meraih sederet kejuaraan di tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten baik siswa maupun gurunya.

Sungguh tidak mudah untuk mengumpulkan kejuaraan sebanyak itu, tentu semua karena kerja keras siswa dibimbing oleh guru,’’imbuhnya. Ari juga menyampaikan prestasi siswa lainnya yang sangat membanggakan adalah hasil Ujian Nasional (UN).

Rata-rata hasil UN siswa meningkat dari sebelumnya tahun lalu 34,81 atau dalam ratusan menjadi 348,1 sedangkan tahun ini dalam ratusan mencapai nilai ratarata 359,15. Peraih nilai 100 untuk mata pelajaran Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris ada 54 siswa.

’’Selama tiga tahun berturutturut meraih peringkat 10 besar di tingkat provinsi Jateng, bahkan tahun ini melesat naik ke peringkat enam. Di usia yang ke-69 SMP 1 Kebumen berhasil memecahkan rekor meraih peringkat enam UN di tingkat Provinsi Jawa Tengah,’’ imbuh guru berjilbab tersebut.

Kado Hari Guru

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar, Dinas Dikpora Kebumen Agus Septadi mengapresiasi prestasi yang diraih kepala SMP1 Kebumen. Prestasi kepala sekolah berprestasi tingkat nasional untuk jenjang SMPbaru bertama kali dalam sejarah pendidikan di Kebumen.

’’Prestasi ini sekaligus menjadi kado istimewa pada peringatan Hari Guru,’’ujar Agus Septadi. Dia berharap, prestasi itu menjadi virus yang menular kepada kepala sekolah dan guru di Kebumen untuk terus mengukir prestasi.

Siti Minatul K, selaku koordinator SKL didampingi Wakil Kepala Sekolah Dwi Takarionto menyampaikan, Celebration Day merupakan kegiatan penyambutan untuk para juara, penyerahan piala ke sekolah, serta pemberian ucapan selamat dari seluruh siswa dan seluruh guru/karyawan.

’’Kegiatan ini merupakan tradisi yang dilakukan sekolah untuk memotivasi seluruh siswa, guru dan karyawan, maupun kepala sekolah yang telah menyumbangkan prestasi di sekolah,’’ ujarnya.

Selain penyambutan untuk kepala sekolah berprestasi, dalam waktu yang sama juga ada penyerahan beberapa kejuaraan yang kembali diraih oleh siswa SMP 1 Kebumen dalam bidang karya ilmiah dalam Lomba Larya Inovasi Pelajar (LKIP) Nasional sebagai juara III yang diselenggarakan di SMA Taruna Nusantara pada 8 November lalu oleh Dimas Septa Hutama, Adinda Alfiyunisa Selaniar, dan Arif Nur Rahman.

’’Seminggu sebelumnya untuk karya yang berbeda, SMP 1 Kebumen meraih medali perak di Bali oleh Adinda, Amri dan Septi,’’ Siti Minatul K diamini Pembimbing KIR Asih Winarti.

Selain itu, November ini siswa lainnya yaitu Dhimas Fauzi Barkah K, Husna Aninda Farahita, dan Shafa Farahita juga berhasil meraih juara I dan II dalam ajang Kejuaraan Renang Kelompok Umur Antarsekolah (KRAS) tingkat Kebumen. (J19-42/suaramerdeka.com)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!