Kilas Berita:

Debat Calon Bupati Kurang Greget

Debat Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Kebumen 2015 di Hotel Candisari. (Foto: polreskebumen.com)
KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Debat pasangan calon bupati dan wakil bupati Kebumen 2015 yang digelar KPU Kebumen di Hotel Candisari dinilai kurang greget. Selain tidak ada perdebatan, materi yang disampaikan ketiga pasangan calon sebatas normatif, belum menyentuh hal mendasar pengembangan visi misi. Debat yang dipandu dosen Undip Semarang Teguh Yuwono tersebut berlangsung sekitar 115 menit. Debat terbagi menjadi empat sesi. Sesi pertama merupakan paparan pembuka masing-masing pasangan calon, dilanjutkan dengan pertanyaan wajib dan pilihan, kemudian debat calon, dan diakhiri dengan pernyataan penutup dari masing-masing calon. Adapun topik yang diangkat dalam debat kali ini, meliputi politik, sosial budaya, dan tata kelola pemerintahan. Salah satu isu yang diangkat masing-masing pasangan calon mengenai peningkatan sumberdaya manusia. Pasangan calon nomor urut 1 Khayub Mohamad Lutfi dan Akhmad Bakhrun memaparkan salah satu visinya meningkatkan kualitas SDM. Prioritas pembangunan peningkatan dan pengembangan pendidikan berkualitas dengan melibatkan peran yang lebih besar dari masyarakat. Jika terpilih mereka akan mengalokasikan anggaran daerah yang lebih besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Hal senada juga disampaikan pasangan nomor urut 2 Mohammad Yahya Fuad-Yazid Mahfudz. Selain peningkatan kualitas SDM, pasangan ini menekankan pembangunan akhlak. Namun saat ditanya moderator, tolok ukur keberhasilan pembangunan akhlak, kedua pasangan ini masih kebingungan memberikan jawaban. Program lain pasangan ini adalah inovasi pelayanan publik untuk mempercepat pencapaian visi misinya. Menurut mereka pelayanan publik harus mudah, cepat dan memuaskan. Untuk mendekatkan kepada masyarakat, pelayanan publik yang selama ini masih disentralkan di kabupaten akan didelegasikan ke kecamatan. Kurang Berani Pasangan nomor urut 3 Bambang Widodo-Sunarto menegaskan akan melakukan reformasi birokrasi. Seluruh PNS akan diuji kompetensi agar sesuai tugas pokok fungsi yang diemban. Selain itu, profesionalitas itu akan diimbangi dengan peningkatan penghasilan. Hanya saha, setelah disinggung mengenai keterbatasan anggaran daerah, peningkatan penghasilan PNS itu tetap akan koordinasikan ke pemerintah provinsi maupun pusat. Ketua KPU Kebumen Paulus Widiantoro mengatakan, meski sudah sesuai dengan konsep yang dirancang, namun ketiga pasangan calon masih belum mengeluarkan potensinya untuk berdebat. Ke depan hal itu akan diperbaiki agar para pasangan calon lebih berani berdebat, mengeluarkan ide-denya secara utuh dan berani mempertahankan idenya dengan logika. ”Untuk debat tahap dua akan digelar pada minggu ketiga November. Namun waktu pastinya masih belum dipastikan, karena harus berkoordinasi dengan moderator,” ujar Paulus Widiantoro usai debat.

Adapaun untuk materi, perekonomian, UMKM, kesejahteraan dan infrastruktur. ”Ke depan, kami berharap kepada para pasangan calon untuk berani mengeluarkan idenya dan berani berdebat,” ujar Paulus. Sementara itu, debat dihadiri Penjabat Bupati Kebumen M Arief Irwanto, Dandim 0709 Kebumen Letkol Inf Putra Widyawinaya, Kapolres Kebumen AKBP Faizal dan Ketua DPRD Kebumen Cipto Waluyo. Masing-masing pasangan calon juga membawa suporter. Selain yang berada di ruangan, ratusan pendukung masing-masing pasangan calon menyimak debat dari luar melalui layar monitor. (J19- 32/suaramerdeka.com)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!