Kilas Berita:

Ajak Peduli Lingkungan melalui Green School

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - KESADARAN untuk peduli terhadap lingkungan tidak muncul secara instan. Kesadaran itu tumbuh dari pembiasaan yang dilakukan secara terus menerus hingga menjadi sebuah karakter dalam diri seseorang. Pembiasaan itu harus dilakukan sejak dini mulai di lingkungan keluarga maupun sekolah.

Kesadaran dan kearifan terhadap lingkungan hidup sedang ditanamkan oleh Ari Karyani kepada para peserta didik di sekolah yang dipimpinnya. Kepala SD 1 Bumirejo, Kebumen itu menanamkan kesadaran peduli lingkungan dengan mewujudkan sekolah yang berwawasan lingkungan.

Menurut Ari, green school atau sekolah hijau memiliki makna yang lebih luas dari arti harafiahnya. Green school bukan hanya tampilan fisik sekolah yang hijau arau rindang. Tetapi wujud sekolah yang memiliki program dan aktivitas mengarah pada kesadaran dan kearifan terhadap lingkungan hidup.

‘’Sekolah hijau harus memiliki komitmen dan secara sistematis mengembangkan program-program yang menginternalisasikan nilai-nilai lingkungan ke dalam seluruh aktivitas sekolah,’’ ujar Ari Karyani kepada Suara Merdeka di sekolahnya di Jalan Letjen Suprapto 1 Kebumen, baru-baru ini. Perempuan kelahiran Kebumen, 4 Mei 1960 itu menambahkan, pembiasaan itu dilakukan secara spontan, rutin, terprogram, hingga melalui keteladanan.

Meski begitu, dia mengakui tidak mudah untuk menumbuhkan kesadaran tersebut. ‘’Kendala tidak hanya datang dari peserta didik tetapi juga para guru yang masih ada yang belum memiliki kesadaran serupa,’’ tandas lulusan S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia UNS tahun 2010 tersebut.

Berwawasan Lingkungan

Program green school di sekolah itu, imbuh peraih juara II kepala sekolah berprestasi tingkat Kebumen tahun 2014 tersebut, dikembangkan melalui lima kegiatan utama. Meliputi pengembangan kurikulum berwawasan lingkungan, pendidikan berbasis komunitas, peningkatan kualitas kawasan sekolah, dan lingkungan sekitar serta pengembangan sistem pendukung yang ramah lingkungan.

Selain itu, agar terlaksana kegiatan pendidikan lingkungan dikembangkan kebijakan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Antara lain, visi misi sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan pembelajaran pendidikan lingkungan hidup, peningkatan kapasitas SDM baik guru maupun tenaga kependidikan di bidang pendidikan lingkungan hidup.

‘’Kemudian bagaimana kebijakan sekolah dalam upaya penghematan sumberdaya alam, kebijakan yang mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang bersih. Termasuk kebijakan sekolah untuk mengalokasikan dana untuk kegiatan yang terkait dengan lingkungan hidup,’’imbuhnya.

Upaya yang dilakukan untuk mewujudkan green school mulai terlihat dampaknya. Selain kondisi sekolah yang rapi dan bersih dari sampah, sekolah yang menjadi salah satu titik pantau penilaian Adipura itu menciptakan kawasan hijau yang dimanfaatkan menanam berbagai tanaman. Lebih dari itu, kesadaran warga sekolah dengan 196 peserta didik itu terus meningkat.

Tahun 2013 dan 2015 meraih juara III sekolah Adiwiyata tingkat Kebumen dan akan maju ke tingkat provinsi Jateng. ‘’Tahun 2013 kami menjadi juara III lomba K-3 tingkat Kebumen yang diselenggarakan Korpri,’’ tandas penggemar sastra dan fotografi tersebut. (Supriyanto-42/suaramerdeka.com)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!