Kilas Berita:

Rendahnya Partisipasi Pemilih Ancam Pilbup

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - TAHAPAN Pemilu Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Kebumen 2015 sudah memasuki masa kampanye. Tetapi gaungnya dinilai masih sebatas di jajaran elite politik.

Di kalangan arus bawah, gaung pemilihan kepala daerah itu hanya terdengar sayup-sayup. Dari informasi yang dihimpun, masih banyak masyarakat yang tidak tahu siapa saja pasangan calon bupati dan wakil bupati yang maju dalam Pilkada 2015.

Bahkan tidak sedikit pula yang tidak tahu kapan pelaksanaan pencoblosan Pilbup Kebumen yang akan digelar 9 Desember 2015 mendatang. ”Malah nggak tahu saya Mas, boro-boro mikirin pilbup mikirin air bersih saja sudah repot kok,” ujar Marwan (45) warga Karanggayam saat ditemui di sela-sela antre air bersih, baru-baru ini.

Di kalangan masyarakat awam, Pilbup saat ini dinilai sepi. Berbeda dari sebelumnya, gambar pasangan calon sudah tersebar sampai pelosok dusun. Sekarang ini, warga di pedesaan kesulitan untuk mengenali calon bupati dan wakil bupati yang akan mereka pilih. ”Kalau tidak tahu siapa calonnya, lebih baik golput saja,” imbuh Marmini (40) warga Sadang.

Perlu Disikapi

Kondisi seperti ini perlu segera disikapi secara cerdas penyelenggara pemilu, pasangan calon hingga tim sukses. Jika tidak, partisipasi masyarakat yang rendah akan mengancam Pilbup 2015. Rendahnya partisipasi masyarakat akan berdampak pada rendahnya legitimasi calon bupati dan wakil bupati terpilih.

Ya, terhitung setelah dilakukan penetapan bakal calon menjadi calon, KPU Kebumen melarang kepada para pasangan calon dan tim sukses untuk tidak lagi membuat alat peraga kampanye. Bahkan memasang iklan di media massa baik cetak maupun elektronik juga dilarang.

Larangan itu juga berlaku bagi percetakan. Percetakan dilarang mencetak alat peraga kampanye selain dari KPU Kebumen. Panwaskab Kebumen juga melayangkan surat kepada Satpol PP dan masing-masing paslon Bupati untuk membersihkan peralatan kampanye.

’’Pada masa kampanye yakni 27 Agustus hingga 5 Desember yang boleh mengeluarkan alat peraga kampanye hanya KPU,’’ ujar Ketua KPU Kebumen Paulus Widiyantoro yang sampai saat ini masih belum memasang alat peraga kampanye.

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kebumen memantau iklan kampanye seluruh pasangan calon bupati dan wakil bupati di media massa. Bagi pasangan calon yang terbukti memasang iklan kampanye di media cetak maupun elektronik bisa mendapat sanksi diskualifikasi dari sebagai peserta Pilbup Kebumen 2015.

’’Pelanggaran atas larangan ketentuan pemasangan iklan kampanye tersebut dikenai sanksi berupa peringatan tertulis, yang dilanjutkan perintah penghentian penayangannya. Apabila pasangan calon tidak melaksanakan rekomendasi tersebut dalam waktu 1 x 24 jam, pasangan calon yang bersangkutan dikenai sanksi pembatalan sebagai calon,’’ kata Ketua Panwaslu Kebumen Suratno.

Dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 7 tahun 2015 tentang kampanye pilkada disebutkan iklan kampanye adalah penyampaian pesan kampanye melalui media cetak dan elektronik berbentuk tulisan, gambar, animasi, promosi, suara, peragaan, sandiwara, debat, dan bentuk lainnya yang difasilitasi oleh KPU dan didanai APBD. Sementara itu, ketatnya aturan alat peraga kampanye diakui oleh para tim pemenangan calon.

Mereka mau tidak mau harus bekerja ekstra keras untuk mendongkrak elektabilitas pasangan calon yang mereka usung. Ketua Tim Pemenangan Guyub Rukun yang juga Ketua DPD PKS Kebumen Fatah Banani mengatakan, dalam kampanye Pilbup ini lebih banyak larangan daripada yang dibolehkan.

Meski demikian pihaknya menghargai aturan yang ditetapkan oleh KPU dan mencari cara lain untuk meningkatkan elektabilitas pasangan calon bupati nomor urut 1 Mohamad Khayub Lutfi dan Akhmad Bakhrun. ’’Ya, metode door to door barangkali menjadi cara yang paling efektif,’’ujar Fatah Banani. (Supriyanto-78/Suaramerdeka)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!