Kilas Berita:

PPTKIS : Tak Ada Praktik Pungutan

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Para pimpinan perusahaan penempatan tenaga kerja Indonesia swasta (PPTKIS) Kebumen membantah informasi yang menyatakan Bagian Penataran Disnakertransos Kebumen masih menerima uang ketika ada yang rekom paspor.

Hal itu diungkapkan Direktur PT Sarimadu Jayanusa Dodi Suardi didampingi Romelan dari PT Dian Jogja Perdana dan Kepala Cabang PT Sukses Mandiri Utama Purworejo Sunarno, kemarin. “Selama ini tidak pernah ada praktik seperti itu dan kami selaku PPTKIS resmi di Kebumen menyatakan SMS di Njur Piye hari Senin lalu itu isinya tidak benar,” tegas Dodi.

Menurut Dodi, ada delapan perusahaan PPTKIS resmi yang ada di Kebumen. Yaitu PT Sarimadu Jayanusa, PT Dian Jogja Perdana, PT Sukses Mandiri Utama, Fortunatama Insani Karangayar, Karyatama Mitra Sejati, Sriti Rukma Lestari, Bina Abdi Daya Mandiri, dan Sahabat Putra Perdana Sruweng. Semuanya menyatakan tidak ada pungutan dari kantor Disnakertransos.

Seperti ditulis dalam kolom Njur Piye Senin (31/8), pengirim 085227172851 menulis “Bagian penataran Disnakertransos Kabupaten Kebumen masih saja menerima uang ketika ada yang rekom paspor. Katanya sudah seizin kepala dinasnya. Mohon pak Bupati, praktik seperti itu jangan dibiarkan berlanjut, karena mainnya cukup lama, rapi dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.”

Pelayanan Online

Menurut Romelan, pada dasarnya para pimpinan PPTKIS resmi di Kabupaten Kebumen membantah informasi di Njur Piye tersebut. Bahkan selama ini pihak PPTKIS tidak merasa ada pungutan saat mengurus rekom paspor. Hubungan PPTKS dengan mitra kerja di dinas pun cukup baik. Bahkan tidak ada pungutan atau permintaan uang dari bagian penataran maupun kepala dinas di Disnakertransos Kebumen.

Kepala Disnakertransos Kebumen, Dwi Suliyanto pun membantah tegas isi pesan singkat tersebut. Sebab, selama ini pihaknya justru terus berupaya meningkatkan pelayanan administrasi. Dinas juga mengutamakan upaya melindungi para calon TKI dengan payung hukum yang kuat.

“Kami tidak pernah memungut dan selama ini kami tekankan jangan sampai ada pungutan apa pun. Termasuk dalam hal pengurusan paspor maupun kartu kuning. Bahkan kita sedang mengarah pelayanan kartu Kuning secara online,” tandas Suliyanto.

Dia menduga, keluhan seperti itu akibat persaingan bisnis dan bisa muncul dari PPTKIS yang tidak resmi. Namun, kepada para pencari kerja diimbau agar saat akan berangkat ke luar negeri atau mencari pekerjaan melalui perusahaan yang resmi dan minta informasi langsung ke kantor Nakertransos akan dilayani dengan baik. (B3-78/suaramerdeka)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!