Kilas Berita:

Penambangan Tanah Liat Ditertibkan

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Penambang tanah liat di Desa Dorowati (Kecamatan Klirong) dan Desa Giwangretno (Kecamatan Sruweng), Kebumen ditertibkan Satpol PP.

Dalam penertiban tersebut petugas mengamankan alat ekskavator atau begu dan sejumlah mesin sedot pasir. Penertiban dilaksanakan dengan alasan aktivitas penambangan tersebut ilegal dan melanggar Perda Nomor 22 Tahun 2011 tentang Penambangan Mineral dan Batu Bara. Di mana semua usaha penambangan harus berizin dan tidak menggunakan alat berat.

Tanah liat yang digunakan sebagai bahan batu bata dan genting itu berada di tebing sungai, sehingga aktivitas penambangan tersebut merusak lingkungan sekitar. Dengan ditambah penambangan tanah liat menggunakan alat berat, kerusakan Sungai Luk Ulo yang sudah parah akibat pengerukan pasir yang tidak henti-henti itu kian hancur.

Kasatpol PP Pemkab Kebumen RAI Ageng Sulistyo Handoko melalui Kabid Penegakan Perda dan Peraturan Kepala Daerah Sugito Edy Prayitno mengatakan, pihaknya tidak melarang pihak-pihak yang melakukan penambangan sepanjang sesuai aturan. “Jika para penambang tersebut tidak menggunakan alat berat, kita masih bisa menoleransi,” tegasnya.

Harus Ditertibkan

Namun jika sudah menggunakan alat berat, lanjut Sugito, tentunya harus ditertibkan. Sejumlah lokasi penambangan ilegal pun tidak luput dari penertiban petugas. Bahkan sepanjang Sungai Luk Ulo dari Sadang sampai Tanggulangin.

Dijelaskan, Satpol PP bertugas menegakkan Perda dan saat ini pula dilaksanakan penertiban di lokasi penambangan Desa Peniron Kecamatan Pejagoan. Penertiban dibantu petugas dari Dinas Sumber Daya Air Energi Sumber Daya Mineral (SDAESDM) provinsi sebanyak lima orang. Juga dari Satpol PP provinsi sebanyak tiga orang dan Polres Kebumen dua orang. Dan Satpol PP Pemkab Kebumen enam orang.

Menanggapi laporan tentang maraknya penambang luar daerah yang mengambil pasir di wilayah Desa Ayamputih dan Maduretno Kecamatan Buluspesantren, Sugito mengatakan, sebenarnya di area tersebut terdapat kesepakan antara warga dengan penambang untuk tidak menggunakan perahu besar saat mengambil pasir. “Dengan adanya keluhan dari para warga tersebut, Satpol PP Kebuman pun akan segera melakukan penertiban,” jelasnya. (K5-78/suaramerdeka)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!