Kilas Berita:

Juara, Sepasang Merpati Laku Puluhan Juta

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - BURUNG merpati atau yang populer disebut dengan burung dara, bagi pecintanya tidak sekadar menjadi hewan peliharaan. Selain karena keindahan dan kecepatan terbangnya, burung merpati ternyata memiliki kemampuan dan kecerdasan yang mengagumkan.

Salah satu jenis burung merpati yang saat ini sedang tren di kalangan pecinta burung dara di Kebumen ialah burung merpati kolong. Pada adu burung dara jenis ini tidak hanya dinilai dari kecepatan terbangnya saja seperti merpati balap. Tetapi yang paling utama ialah kepintaran burung dara masuk melalui empat tiang bambu setinggi sembilan meter yang dinamai kolong.

“Jika burung dara mampu melewati itu dan langsung jatuh menempel pada burung dara betina yang ada di atas meja, dia lah pemenangnya,” Prapto (37), salah satu pelatih burung dara kolong kepada Suara Merdeka, kemarin. Dengan perawatan kesehatan dan pelatihan yang baik, burung dara mampu memiliki kemampuan terbang yang cukup cepat.

Jika sudah dilatih selama tiga minggu, burung dara kolong mampu terbang dan turun melalui empat tiang kolong. Burung dara kolong juga memiliki insting yang kuat sehingga mampu mengetahui mana tuannya ketika berada di dalam kolong.

Warga Desa Karangsari, Kebumen itu menjelaskan, sebelum mengikuti perlombaan burung dara kolong yang sudah diberi nama ini dikeluarkan dari sangkarnya, dibersihkan dan dijemur hingga empat jam setiap hari. Hal ini dilakukan agar burung dara itu selalu fit. Setelah dibersihkan dan dijemur burung dara diberi makan jagung bercampur beras merah.

Jutaan Rupiah

Tiba waktunya melatih burung dara di lokasi atau lapak. Puluhan para pecinta burung dara kolong pun hadir. Mereka melatih burung dara miliknya yang akan diikutsertakan dalam perlombaan. Keseruan dan keramaian para joki terlihat saat burung dara miliknya terlihat terbang di langit mendekati lapak. Di sinilah terlihat kemampuan dan kecerdasan burung dara kolong.

Dengan cara sang joki memanggil-manggil nama burung, burung dara kolong pun yang dilepas dari jarak 1,5 kilometer itu terbang dan dalam waktu tiga menit mendarat melalui kolong dan langsung menempel pada sang betina. “Kalau lebih dari itu, burung akan didiskualifikasi dari perlombaan,” ujar warga Desa Karangsari Kebumen tersebut.

Ketua Lapak Burung Dara Kolong Kelurahan Bumirejo, Legowo menambahkan, penilaian pada perlombaan burung dara kolong adalah burung dara harus terbang dan mendarat di kolong. Jika burung dara tak berhasil mendarat melalui kolong maka dianggap gugur.

Menurut dia, untuk sepasang burung dara kolong yang sudah terlatih biasanya laku ratusan ribu. Sedangkan untuk seekor burung dara kolong yang berhasil menjuarai lomba harganya mencapai puluhan juta rupiah. “Bahkan sejumlah pengemar burung dara akan terus memburu keturunan burung dara yang berulang kali menjuarai lomba,” ujarnya. (Supriyanto-78/suaramerdeka)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!