Kilas Berita:

Baru 20,14% Tanah Bersertifikat

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Jumlah bidang tanah di Kebumen yang sudah bersertifikat masih rendah. Dari jumlah seluruhnya 1.240.843 bidang, yang telah bersertifikat baru 242.957 bidang atau sebesar 20,14 persen.

Hal itu diakui Kepala Kantor Pertanahan Kebumen, Yoyok Hadimulyo Anwar pada acara Penyerahan Sertifikat Tanah Program Strategis Prona di Desa Argopeni, Kecamatan Ayah, Kamis (17/9).

“Selama kurun waktu 2014 sampai September 2015 telah diterbitkan sebanyak 19.556 bidang atau naik 1,53 persen,” ujar Yoyok Hadimulyo Anwar dalam sambutannya. Dalam acara dihadiri oleh Pj Bupati Kebumen M Arief Irwanto, Yoyok menambahkan bahwa pada tahun anggaran 2015 pihaknya telah melaksanakan legalisasi aset pensertifikatan tanah secara massal sejumlah 6.878 bidang tersebar di 47 desa di 22 kecamatan.

Jumlah tersebut terdiri atas Prona sejumlah 6.203 bidang, lintas sektor meliputi UKM 200 bidang, masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) 100 bidang, pertanian 100 bidang, nelayan 150 bidang dan Proda 125 bidang.

Legalisasi

“Untuk penyerahan sertifikat hari ini (kemarin—Red) di Desa Argopeni 140 bidang dan Desa Srati 140 bidang,” ujarnya seraya menyebutkan penyerahan itu merupakan rangkaian dari kegiatan penyerahan sertifikat legalisasi tahun 2015 secara simbolis dilakukan oleh Gubernur Jateng saat kunjungan di Kebumen, 9 September lalu.

Pj Bupati Kebumen M Arief Irwanto mengatakan, dengan percepatan yang ada saat ini dibutuhkan waktu 70 tahun agar 100 persen bidang tanah di Kebumen dilakukan legalisasi.

Bahkan jika tidak dilakukan percepatan, mungkin akan memakan waktu lebih lama lagi hingga 100 tahun. Arief Irwanto menambahkan penyertifikatan tanah penting akan memberikan jaminan kepastikan hukum. Selain itu sertifikat tanah akan digunakan untuk modal usaha.(J19-52/suaramerdeka.com)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!