Kilas Berita:

Sentra Pepaya Bergeser ke Pegunungan

KARANGSAMBUNG(www.beritakebumen.info) - Masa kejayaan pepaya Calina pesisir Kebumen yang beberapa tahun lalu surut akibat wabah virus kini mulai tergantikan oleh bermunculannya perkebunan baru pepaya jenis ini di kawasan pegunungan Kebumen. Dengan buahnya yang berlimpah, pengiriman pepaya Calina Kebumen ke luar daerah pun kini menggeliat lagi.

"Dua tahun lalu para petani palawija di sini diajak kerjasama oleh juragan pepaya dari Petanahan untuk menanam pepaya Calina setelah hampir semua perkebunan pepaya pesisir Kebumen terserang penyakit. Menurut juragan, pepaya perkebunan kami ini untuk mengisi pasar buah di Bandung dan Jakarta yang sebelumnya diisi oleh pepaya pesisir," ungkap Suharjo, petani pepaya Desa Banioro Kecamatan Karangsambung Kebumen, di kebunnya, Kamis (27/08/2015).

Selain di Banioro, kata Suharjo perkebunan pepaya Calina kini tersebar di desa-desa pegunungan Kecamatan Karangsambung, Sadang, Karanggayam, Kutowinangun, Alian dan Pejagoan. Hampir semua perkebunan itu merupakan hasil kerjasama antara petani setempat dengan beberapa juragan buah asal Kecamatan Petanahan dan Buluspesantren Kebumen.

"Petani yang diajak kerjasama dicukupi kebutuhan bibitnya, kemudian hasil panennya dibeli oleh juragan itu dengan harga yang ditentukan oleh sang juragan. Saat ini harga pepaya kelas A Rp 4 ribu per kilogram dan kelas B Rp 2.500,- per kilogram," jelas Suharjo. (Dwi/ KRjogja.com)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!