Kilas Berita:

Calhaj Asal Kebumen Didominasi Petani

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Calon jamaah haji asal Kabupaten Kebumen pada musim haji 2015 ini mencapai 865 orang. Jumlah ini bertambah 55 orang dari tahun lalu. Berdasarkan usia, terdapat calon haji berusia 89 tahun, yang merupakan calon jamaah tertua. Sedangkan calon haji termuda berusia 25 tahun.
Calon haji tertua adalah Mohamad Kaeri Madyasa, warga RT 02 RW 01 Desa Klepusanggar, Kecamatan Sruweng. Kaeri Madyasa yang sudah berusia 89 tahun ini, lahir pada 7 Januari 1926. Adapun, rekor calon haji termuda asal Kabupaten Kebumen tahun ini dipegang oleh Azalia Maruf Ashari. Wanita warga RT 01 RW 01 Desa Kawedusan, Kecamatan Kebumen ini, lahir pada 20 Januari 1990.
Berdasarkan pekerjaan, calon haji asal Kebumen didominasi oleh petani sebanyak 217 orang. Disusul PNS sebanyak 209 orang, pedagang/pengusaha 172 orang, swasta 146 orang, ibu rumah tangga (IRT) 95 orang. Selanjutnya, karyawan BUMN 11 orang, TNI/Polri 8 orang, dan pelajar 7 orang.
Berdasarkan pendidikan, tahun ini calon haji Kebumen didominasi lulusan SD yang mencapai 300 orang. Disusul lulusan SLTA 219 orang, Sarjana 152 orang, SLTP 112 orang, diploma 70 orang, pascasarjana 12 orang, dan doktor 1 orang.
Sedangkan berdasarkan kelompok usia, jamaah dengan usia diatas 60 tahun lebih mendominasi yang mencapai 353 orang. Selanjutnya, disusul usia 50-59 tahun sebanyak 279 orang, usia 40-49 tahun sebanyak 170 orang, usia 30-39 tahun sebanyak 57 orang, dan usia 20-29 tahun sebanyak 6 orang.
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, Masmin Afif, menyatakan dari 865 calon haji terdapat lima pendamping yang akan mendampingi jamaah saat menunaikan ibadah haji di tanah suci. Yaitu, tiga orang TPHD (Tim Pendamping Haji Daerah) dan dua orang TKHD (Tim Kesehatan Haji Daerah).
“Jumlah jamaah terbanyak tahun berasal dari wilayah Kecamatan Kebumen sebanyak 197 orang. Selain terdapat dua kecamatan yang warganya sama sekali tidak ada yang haji tahun ini, yaitu Kecamatan Karanggayam dan Sadang,” kata Masmin, saat mengikuti acara pamitan calon jamaah haji di Pendopo Bupati, Rabu (26/8).
Hadir pada acara tersebut, Ketua DPRD Cipto Waluyo, Ketua Kejaksaan Negeri Syakroni, Ketua MUI Kebumen KH Nursodik, Sekda Adi Pandoyo, serta sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Kebumen.
Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kebumen, Siti Nuriatun Fauziyah, mengatakan sejak 2013 lalu, calon jamaah haji tidak lagi ditarik tambahan biaya untuk acara pamitan, pemberangkatan dan pemulangan hingga syukuran. Menurutnya, semua biaya tersebut telah ditutup dengan anggaran APBD 2015.
“Jamaah tidak lagi menarik biaya tambahan itu. Pemkab Kebumen telah mengalokasikan anggaran untuk acara pamitan, syukuran, angkutan bus untuk mengangkut jamaah berangkat ke embarlkasi. Begitu pula sebaliknya saat kepulangan kami jemput dari debarkasi sampai ke Kebumen kembali,” paparnya.
Anggaran yang telah dialokasikan mencapai hampir Rp 800 juta. Sementara itu, TPHD dan TKHD sebanyak lima orang juga ditanggung oleh Pemkab Kebumen. Namun, tidak sepenuhnya ditanggung. Pemkab Kebumen hanya menanggung sebesar Rp 35 juta per orang. Padahal biaya ongkos haji saat ini mencapai Rp 39 juta.
Lima orang yang menjadi TPHD dan TKHD, yaitu Dian Lestari (Anggota DPRD Kebumen, Ahmad Badri (Bagian Kesra Setda Kebumen), KH Munginsidi (Ulama), dr Aurina Widya Hapsari (Dinas Kesehatan) dan Herindrati Raharjo Suprapto (RSUD). (RadarBanyumas.co.id)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!