Kilas Berita:

Retribusi Parkir Khusus di Pasar, Untuk Dongkrak PAD

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Pengelolaan parkir di pasar yang kini ditanganinya, untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).

Pernyataan itu disampaikan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disperindagsar) Kabupaten Kebumen Azam Fatoni kemarin.

Sebelumnya, pengelolaan parkir di pasar-pasar itu berada di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Kebumen. “Jadi, tidak hanya di Pasar Wonokriyo Gombong saja yang ditangani Disperindagsar.

Kami juga berencana menerapkan retribusi parkir di pasar-pasar tradisional lain,” kata Azam menanggapi keluhan sejumlah pedagang Pasar Wonokriyo Gombong terkait dikenakannya retribusi parkir khusus sejak 1 April lalu bagi pedagang di pasar setempat.

Menurut Azam, pemberlakuan retribusi parkir itu telah disosialisasikan kepada masyarakat. Mereka pun tidak ada yang mempermasalahkan. Termasuk paguyuban pedagang Pasar Wonokriyo. “Justru yang keberatan dengan adanya retribusi parkir khusus di Pasar Wonokriyo itu, ada keinginan apa?” imbuhnya.

Sebelum diterapkan di Pasar Wonokriyo, retribusi parkir khusus sudah diberlakukan di Pasar Tumenggungan Kebumen. Pengelolaan parkir di Pasar Wonokriyo telah diadakan lelang dan yang menjadi pemenangnya CV Mangga Kebumen. Pemilik CV Mangga Kebumen Agan Suhari mengatakan, pendapatan retribusi parkir di Pasar Wonokroyo dua bulan ini mencapai Rp 32,5 juta per bulan.

Kewenangan Pemodal

Azam melanjutkan, sebelumnya pendapatan retribusi parkir di Pasar Wonokriyo hanya Rp 3,2 juta per bulan. Sedangkan pendapatan dari retribusi parkir di Pasar Tumenggungan yang sebelumnya hanya Rp 80 juta per tahun, kini sejak dikelola Disperindagsar dan dipihakketigakan mencapai Rp 695 juta per tahun. “Selain menambah PAD, dari segi keamanan juga terjaga dan dapat meminimalisasi kehilangan,” imbuh Azam sembari mengatakan, pedagang juga mendapat kartu berlangganan parkir.

Dijelaskannya, Pasar Wonokriyo yang dibangun investor tahun 2004 dan perjanjiannya sampai tahun 2025 itu, tidak serta merta sepenuhnya menjadi kewenangan pemodal. Pasalnya, ada item yang tidak masuk dalam perjanjian, seperti parkir dan bongkar muat, arena terminal angkutan, musala, lampu taman, kantor pasar, kantor paguyuban, kantor terminal, dan selasar. Adapun yang masuk dalam perjanjian, yakni kios, los, ruko, gedung serba guna, studio dan tempat biliar. Kendati demikian, kerusakan di kios maupun los Pasar Wonokriyo, seperti atap bocor, acapkali ditangani Pemkab. Padahal semestinya menjadi tangung jawab investor. “Dan kami pun berhak menarik pendapatan daerah berupa pajak, retribusi, dan pungutan sah lain sesusi ketentuan yang berlaku,” jelasnya.

Lebih lanjut, pengelolaan parkir pasar yang berpindah dari Dishubkominfo ke Disperindagsar itu atas kebijakan bupati. Dan Pasar Wonokriyo Gombong bagian dari pasar yang dikeloka Pemkab Kebumen. Sejak dulu, Pasar Wonokriyo yang dibangun investor itu sudah ada parkir.

Pihaknya beralasan, pengelolaan parkir di Pasar Wonokriyo yang baru diterapkan mulai 1 April 2015 lalu itu, mengingat Perda Nomor 17 Tahun 2012 tentang Tempat Parkir Khusus baru diterimanya tahun 2014. Selanjutnya Disperindagsar menyosialisasikan kepada masyarakat dan diterapkan di pasar-pasar tradisional yang dikelola Pemkab. Sebelum Pasar Wonokriyo, penerapan parkir khusus berada di Pasar Tumenggungan Kebumen.

Dari sebanyak 35 pasar tradisional yang dikelola Pemkab, kata Azam yang didampingi Kasi Pendapatan Pasar M Muhni, nantinya akan diambil yang terbesar agar dikenai retribusi parkir khsuus. Seperti di Pasar Sruweng dan Pasar Sruni. Saat ini, kata Azam, masih tahap perhitungan oleh tim.

“Kita tidak memperhitungkan sendiri, tapi dengan mengedepankan kebersamaan membangun,” katanya. (K5-32/suaramerdeka)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!