Kilas Berita:

Perda Pertanggungjawaban APBD Ditetapkan

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Perda Pertanggungjawaban APBD 2014 ditetapkan dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Kebumen, Senin (22/6).

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Kebumen Cipto Waluyo itu dihadiri Wakil Bupati Djuwarni, Sekda Adi Pandoyo, dan pejabat di lingkungan Pemkab. Selain menyampaikan tindak lanjut adanya rekomendasi dari BPK RI Perwakilan Jawa Tengah, dalam penyampaian Perda pertanggungjawaban APBD 2014 itu juga disampaikan catatan dari evaluasi gubernur.

Rekomendasi BPK RI Perwakilan Jawa Tengah antara lain terhadap penyetoran pendapatan asli daerah (PAD) ke kas daerah yang belum tepat waktu dan dijawab oleh Djuwarni telah dibuat surat edaran pengaturan batas waktu penyetorannya. Adapun tentang rekomendasi terkait penatausahaan aset, lanjut Djuwarni, tengah dilakukan inventarisasi guna pembaruan data di semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD), sehingga data administrasi aset benar-benar sesuai dengan kondisi dan keberadaannya.

”Dan pada kesempatan ini kembali saya mengimbau Kepala SKPD untuk meningkatkan pengendalian dan pengawasan terhadap aset-aset dalam penguasaannya sehingga keberadaan dan penggunaannya sesuai dengan catatan yang ada,” kata Djuwarni.

Beberapa catatan dari evaluasi gubernur di antaranya terkait target pendapatan pada beberapa SKPD yang tingkat capaian realisasinya tidak optimal, realisasi belanja daerah tahun anggaran 2014 sebesar Rp 1,906 triliun atau 92,98% dari anggaran sebesar Rp 2,050 triliun, dan Silpa tahun Anggaran 2014 sebesar Rp 236,977 miliar.

Menurut Djuwarni, silpa tersebut akan dievaluasi menggunakan perhitungan prognosis pendapatan dan mengoptimalkan penyerapan belanjanya, sehingga ke depan besaran Silpa dapat ditekan. ”Atas Silpa ini juga telah dialokasikan di APBD murni 2015 yang merupakan asumsi maupun pada APBD Perubahan,” jelasnya.

Mengenai tingkat capaian SKPD yang belum optimal, ke depan akan diintensifkan pemungutannya dan dievaluasi sistem yang ada sehingga capaian yang akan datang akan lebih baik. ”Kita juga akan melakukan evaluasi dan berupaya meningkatkan kualitas perencanaan dan pelaksanaan kegiatan di masing-masing SKPD, sehingga hambatan dan kendala yang ada dalam pelaksanaannya segera diatasi,” imbuh Djuwarni.

Dalam kesempatan itu, Djuwarni menyingggung akan berakhirnya Semester I Tahun Anggaran 2015 dengan mengingatkan Kepala SKPD terhadap kewajiban penyusunan dan penyampaian Laporan Realisasi Semester I dan Prognosis untuk enam bulan berikutnya dilampiri dengan Laporan Semester Mutasi Barang Daerah sebagaimana Surat Edaran Bupati ditentukan paling lambat tanggal 10 Juli 2015 untuk dilakukan konsolidasi.

Nantinya, kata Djuwarni, akan direview oleh Inspektorat sebelum diserahkan ke BPK guna pemeriksaan interim atas penertiban aset dan implementasi basis akrual. Pihaknya juga minta perhatian untuk melakukan upaya-upaya dan strategi yang tepat dalam melaksanakan program dan kegiatannya, sehingga dapat selesai sesuai jadwal yang direncanakan dengan hasil yang memuaskan dan berkualitas.

Tentunya dengan tetap memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan yang ada dengan memegang prinsip komitmen, konsisten, kompeten dan konsekuen untuk Kebumen yang lebih baik. (K5-78/SuaraMerdeka)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!