Kilas Berita:

Kurang Tanda Tangan, Sarijan-Suryadi Gagal Jadi Cabup Independen

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Pasangan Sarijan dan Suryadi menyerahkan berkas dukungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen, Senin (15/6). Berkas berupa ribuan fotokopi KTP itu diserahkan sebagai persyaratan mendaftarkan diri menjadi calon bupati dan wakil bupati yang akan digelar pada 9 Desember 2015 mendatang.

Penyerahan berkas dukungan tersebut diserahkan sekitar pukul 15.00 WIB, satu jam menjelang penutupan. Rombongan diterima langsung oleh Ketua KPU Kebumen Paulus Widyantoro, bersama anggota KPU Supriyanto dan Solahudin, serta Ketua Panitia Pengawas Kabupaten Kebumen Suratno.
Setelah tahapan penyerahan berkas dukungan selama empat haru, sejak 11-15 Juni hanya satu pasangan yang serius berniat maju melalu jalu independen. Sayangnya, meski telah menyerahkan berkas dukungan, pasangan Sarijan-Suryadi tetap tidak memenuhi syarat (TMS) untuk menjadi pasangan calon bupati dan wakil bupati dari jalur independen.
Penyebabnya, karena syarat dukungan yang diserahkan kurang dari 6,5 persen x 1.344.158 jiwa penduduk Kabupaten Kebumen. Jumlah fotokopi KTP yang diserahkan tim Sarijan-Suryadi hanya 60.000 jiwa. Sedangkan jumlah berkas dukungan yang wajib diserahkan ke KPU Kebumen sebanyak 87.371 jiwa. Dengan ketentuan jumlah dukungan tersebut harus tersebar di lebih dari 50 persen jumlah kecamatan di Kabupaten Kebumen, atau di 14 kecamatan.
“Kalau penyebaran per kecamatannya sudah memenuhi, yaitu 18 kecamatan. Tapi yang tidak memenuhi syarat jumlahnya yang masih kurang sekitar 27 ribu kopi KTP lagi,” kata Paulus Widyantoro, usai menerima berkas dari tim Sarijan-Suryadi di Kantor KPU Kebumen, Senin (15/6).
Meski tidak memenuhi syarat, KPU mengapresiasi pasangan tersebut yang telah berusaha memenuhi persyaratan. “Artinya, pada pemilihan bupati dan wakil bupati mendatang di Kebumen tidak ada calon independen,” tegasnya.
Sarijan adalah auditor di Kementerian Pertanian. Pria yang lahir di Karanggayam, 5 Desember 1959 itu sekarang tinggal di Perumahan Depok Timur, Jawa Barat. Sedangkan, pasangannya Suryadi, lahir 30 Mei 1964, yang merupakan warga Desa Mrentul, Kecamatan Bonorowo.
Sesuai tahapan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Kebumen, masyarakat yang berniat maju sebagai calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan harus menyerahkan berkas dukungan berupa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) mulai tanggal 11-15 Juni.
Adapun berkas dukungan syarat jumlah minimal dukungan calon perseorangan yang diserahkan yakni sebanyak 6,5 persen x 1.344.158 jiwa penduduk Kabupaten Kebumen. Sehingga jumlah berkas dukungan yang wajib diserahkan ke KPU Kebumen sebanyak 87.371 jiwa. Dengan ketentuan jumlah dukungan tersebut harus tersebar di lebih dari 50 persen jumlah kecamatan di Kabupaten Kebumen, atau di 14 kecamatan.
Dokumen dukungan yang diserahkan berupa surat pernyataan dukungan, dengan dilampiri fotokopi identitas kependudukan dan rekapitulasi jumlah dukungan. Yang dikelompokkan per desa/kelurahan dan bermaterai Rp 6000. Selanjuutnya, dokumen dukungan disusun dalam tiga rangkap dalam bentuk hardcopy serta dalam bentuk softcopy.
Apabila ada pasangan cabup dan cawabup yang menyerahkan berkas dukungan, kata Paulus, maka KPU akan langsung memverifikasi administrasi. Verifikasi administrasi dilakukan untuk menentukan apakah jumlah berkas dukungan dari masyarakat telah memenuhi syarat atau tidak.
Apabila berkas dukungan dari masyarakat memenuhi syarat maka langsung diserahkan ke panitia pemilihan suara (PPS) di setiap desa/kelurahan. Para anggota PPS akan memverifikasi faktual berkas dukungan itu ke setiap rumah penduduk. Para anggota PPS langsung mencoret apabila ditemukan warga yang tak mendukung cabup dan cawabup jalur independen itu.
Pasangan cabup dan cawabup jalur independen yang memenuhi syarat diwajibkan mendaftar ke KPU Kebumen berbarengan dengan cabup dan cawabup yang diusung partai politik (parpol) atau gabungan parpol. Sedangkan, pendaftaran cabup dan cawabup dilakukan pada 26-28 Juli mendatang.(ori/radarbanyumas)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!