• Kabar Terkini

    04 June 2015

    Kebumen Peringkat 4 Terbanyak HIV/AIDS

    KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Kabupaten berslogan Beriman ini, urutan keempat penderita HIV/AIDS terbanyak se-Jawa Tengah, yakni sebanyak 423 orang. Kondisi itu tentunya sangat mencengangkan dan memprihatinkan.

    Pasalnya, penyakit yang sebelumnya hanya diperkirakan menyebar di perkotaan besar saja, ternyata saat ini telah merambah di daerah Kebumen. Daerah berpenduduk 1,3 juta jiwa ini, menempati urutan keempat setelah Kabupaten Semarang, Banyumas, dan Batang.

    Koordinator Forum Peduli AIDS (FPA) Bougenville Kebumen Solekhan memperkirakan, jumlah penderita HIV/AIDS itu semakin bertambah. “Untuk itu, semua elemen masyarakat harus andil dalam mensikapi persoalan HIV/AIDS dengan mengedepankan semangat kebersamaan membangun,” jelasnya.

    Pihaknya juga memprihatinkan masih banyaknya stigma dan diskrimasi terhadap para penderita AIDS. Hal ini menunjukkan pemahaman masyarakat terhadap penyakit itu masih sangat kurang. Padahal sebenarnya, penularan penyakit AIDS hanya melalui cairan tubuh, seperti darah dan sperma.

    Sehingga penularannya hanya dapat terjadi melalui hubungan badan, penggunaan jarum suntik bersama, dan transfusi darah. “Dengan adanya malam perenungan ini diharapkan masyarakat akan dapat memperlakukan penderita AIDS sebagaimana manusia normal lain,” kata Solekhan.

    Lebih lanjut, dengan hidup berdampingan bersama, mengunakan peralatan makan, kamar mandi dan toilet bersama tidak menyebabkan tertular HIV/AIDS. Malam perenungan HIV/- AIDS di aula IAINU Kebumen itu, dihadiri Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kebumen Adi Pandoyo.

    Sasaran Populasi

    Ia mendorong agar ke depan malam perenungan AIDS dilakukan lebih besar dan meriah. Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat mengetahui persoalan besar yang tengah terjadi di Kebumen. Dijelaskannya, perolehan peringkat keempat penderita HIV/AIDS se- Jateng itu bisa jadi, karena KPA Kebumen mampu bekerja dengan baik.

    Jadi KPA Kebumen dapat memperoleh data yang banyak. “KPA Kebumen dibantu FPA Bougenville Kebumen dapat menembus langsung ke sasaran populasi kunci, sehingga diperoleh data yang banyak,” imbuhnya.

    KPA Kebumen merupakan terbaik se-Jawa Tengah. Artinya, bisa jadi kebupaten lain jumlah penderita AIDS-nya lebih banyak, namun hal itu tidak terdata. Pemkab telah banyak berupaya melakukan penanggulangan HIV/AIDS. Salah satunya di seluruh Puskesmas melayani Voluntary Counseling Test (VCT) atau tes HIV/AIDS.

    Sehingga siapa pun bisa memeriksakan dirinya untuk mengetahui apakah positif HIV/AIDS atau tidak. Koordinator lapangan FPA Bougenville Ozi Manan mengatakan, kegiatan ini juga untuk memberi dorongan psikologis kepada para orang dengan HIV- /AIDS (Odha) dan doa bersama. (K5-32/suaramerdeka)



    _________________________________________________________________________________________

    DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

    _________________________________________________________________________________________
    KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
    beritakebumen@gmail.com

    =============================================================
    Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
    | FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
    =============================================================
    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!

    Item Reviewed: Kebumen Peringkat 4 Terbanyak HIV/AIDS Rating: 5 Reviewed By: Berita Kebumen Beriman
    Scroll ke atas