Kilas Berita:

Jelang Puasa, Makam Lemah Lanang Ramai

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Menjelang 540 tahun berdirinya Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu dan memasuki bulan suci Ramadan, makam pendiri pondok pesantren yang berada di Desa Sumberadi, Kecamatan Kebumen itu ramai dikunjungi para peziarah. Makam Lemah Lanang yang terletak di perbatasan Desa Sumberadi dan Candimulyo ini ramai dikunjungi sejak dua minggu terakhir. Setiap hari ada saja yang mendatangi makam tersebut.

Meski sudah ratusan tahun wafat, namun almarhum penyebar Islam di tanah Jawa masih lekat di benak masyarakat. Makam tersebut seolah menjadi magnet tersendiri bagi sejumlah warga. Ziarah yang dilakukan warga pada peringatan berdirinya Ponpes Al-Kahfi menjadi terasa sangat istimewa karena bertepatan dengan kedatangan bulan suci Ramadan. Mereka datang berduyun-duyun mengunjungi area komplek makam, mereka biasanya menggunakan mobil pribadi, sepeda motor, juga rombongan menggunakan bus besar.

Tak hanya masyarakat Kebumen, pada Milad Ponpes Al-Kahfi beberapa saat lalu, ribuan jamaah dari luar Jawa, seperti Sumatera, Jambi, Kalimantan, dan Sulawesi juga berdatangan. Bahkan sebagian dari mereka banyak yang menginap di Pondok Pesantren yang diasuh oleh KH Afifuddin bin Chanif Al Hasani itu, juga berasal dari para alumni dan orang tua santri.

“Saya rutin ziarah kesini, dalam satu bulan bisa sampai dua kali. Tapi yang paling wajib itu pas bulan Ruwah dan Mulud,” kata Nasir Khudori, warga Desa Mengkowo, Kecamatan Kebumen, saat berziarah di komplek makam tersebut.

Hal senada dikatakan Hamdun (54), warga asal Lampung. Hamdun mengaku setiap tahun selalu menyempatkan diri dua kali datang ke Kebumen dan berziarah. Yakni setiap menjelang peringatan Maulid Nabi dan bulan Ruwah (sya’ban menjelang Ramadan). “Tapi kalau pas kepepet tidak punya uang, yang penting pas Ruwah harus datang kesini,” tuturnya.

Hamdun mengaku, momen yang harus diikutinya adalah berziarah yang dipimpin langsung oleh KH Afifuddin bin Chanif Al Hasani. Dia meyakini, doa-doa yang dilantunkan oleh pengasuh ponpes tersebut diijabah oleh Allah SWT. “Kita lebih mantap, dengan harapan kita juga bisa mendapat berkah dari doa-doa itu,” ungkapnya.

Rangkaian ziarah diawali dengan ziarah ke Maqbaroh Ardhir Rijal (Makam Lemah Lanang). Tempat tersebut merupakan makam pendiri Pondok Pesantren Al- Kahfi Somalangu Sayid Muhammad Ngisom Al Hasani atau Sayid Abdul Kahfi Awal. Ziarah di Lemah Lanang terdapat tiga makam. Selain Sayid Abdul Kahfi Awal juga ada makam Syeh Abdul Kahfi Sani dan Syeh Khanifudin, ayah dari KH Afifudin, pengasuh Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu, saat ini. (ori/sus/radarbanyumas)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!