Kilas Berita:

Jelang Lebaran, Ayam Kampung Dikandangkan

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Demi memenuhi konsumsi masyarakat yang tinggi terhadap ayam bukan ras atau ayam kampung di hari Lebaran Idul Fitri 2015 mendatang, sejumlah petani ayam di Kebumen memilih cara lain dalam membudidayakan ayam kampung. Tidak dibiarkan berkeliaran, melainkan dipelihara di dalam kandang sejak kecil sampai dewasa.

"Dengan dikandangkan maka ayam dikurangi gerakannya, sehingga lebih cepat gemuk dan segar agar kami bisa mengejar waktu untuk memenuhi permintaan pasar yang tinggi di hari Lebaran mendatang," jelas Slamet, petani ayam di Dukuh Tembono Desa Kutosari Kecamatan/Kabupaten Kebumen, Jumat (05/06/2015).

Menurut Slamet, ayam kampung biasanya dibudidayakan oleh petani ayam dengan dilepas di alam bebas dan dibutuhkan waktu 5 sampai 6 bulan untuk menjadi ayam dewasa. Namun mengingat Idul Fitri 2015 semakin dekat, maka demi mengejar omset penjualan yang tinggi para petani pun berusaha mensiasati waktu yang sempit dengan cara membudidayakan ayam kampung di dalam kandang.

"Dengan dikandangkan maka pemberian ransum terhadap ayam lebih banyak dan teratur, sehingga ayam lebih gemuk dan segar untuk lebih menarik minat pembeli dan waktu pemeliharaannya lebih cepat," jelas Slamet.

Sistem mengandangkan ayam kampung menjelang bulan Ramadhan untuk mengejar permintaan yang tinggi di hari Idul Fitri menurut Rahmat, petani ayam Desa Kutosari lainnya, sudah lazim dilakukan oleh petani ayam Kebumen sejak beberapa tahun lalu. "Namun hasilnya lebih efektif bila dilakukan pada ayam kampung blasteran dengan ayam pedaging dibandingkan ayam kampung murni," jelas Rahmat. (Dwi/krjogja)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!