Kilas Berita:

Isi Ramadan dengan Kegiatan Positif

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Tak hanya mengaji dan mempelajari berbagai hal tentang Islam, para santri dan santriwati Pondok Pesantren (PP) 'Nurul Hidayah' Desa Bandung Kecamatan/Kabupaten Kebumen selama Ramadan 2015 juga mengisi waktu mereka dengan aneka kegiatan produktif.

"Bagi kami, tak ada waktu luang terbuang sia-sia selama menjalani Ramadan. Selain mengaji rutin, kebanyakan dari kami mengisi waktu puasa dengan kegiatan produktif," ungkap Maratul Ma'isma atau Isma, santriwati senior PP Nurul Hidayah, Senin (22/06/2015).

Kegiatan produktif tersebut diantaranya memproduksi tempe oleh santriwati yang kemudian dijual secara keliling oleh sejumlah santri. Ada pula yang bekerja paruh waktu sebagai pemotong bahan dan penjahit di usaha pembuatan tas dan peci/kopiah di Desa Bandung. Bahkan, ada yang menjadi pengasuh anak dan juru masak di sejumlah keluarga di Desa Bandung.

"Selain mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, berkahnya kami selalu bersemangat menjalani puasa karena waktu terisi dengan baik tak ada yang terbuang sia-sia dan bisa menabung untuk berlebaran di kampung masing-masing," ujar Isma.

Sedangkan Lisa, salah satu santriwati yang bekerja paruh waktu sebagai penjahit peci, menuturkan bahwa pekerjaan itu dijalaninya sejak pagi pukul 07.00 hingga 12.00. Kemudian sejak pukul 13.00 sampai 17.00 menjalani kegiatan rutin belajar agama di pesantren.

"Justru dengan bekerja begini kami jadi fokus belajar karena pundi-pundi sudah terisi rupiah. Tak perlu lagi memikirkan kiriman dari orangtua yang minim," ujar Lisa berkelakar.

Santriwati lain yang bekerja di tempat usaha pembuatan peci, Khusniatun, mengungkapkan penghasilan dari aktifitas produktif tersebut rata-rata Rp 300 ribu sampai Rp 400 ribu/bulan. "Usia kami masih muda, 15 sampai 18 tahun. Namun para juragan kami percaya dengan kualitas garapan kami, karena di luar bulan Ramadhan kami sudah terbiasa bekerja sambilan membuat topi, tas dan konfeksi," jelas Khusniatun. (Dwi/krjogja.com)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!