Kilas Berita:

Ciptakan Prontok Jagung dari Barang Bekas

KLIRONG(www.beritakebumen.info) - Kreatif, kata itu layak disematkan kepada Fathur Rohman (19) salah satu warga Rt 2 RW 4 warga Desa Klegenrejo Kecamatan Klirong. Betapa tidak, untuk merontokan jagung dengan cepat memang butuh alat dengan harga yang mahal, tetapi ditangan Fathur bisa menciptakan alat sederhana yang mampu merontokan sekitar 1 kwintal jagung perhari.

Dengan alat tersebut, tak heran jika ia kini kebanjiran pesanan dari warga sekitar. Fathur mengatakan mesin tersebut sangat praktis, ukuranya juga kecil dan suaranya tidak bising. Pembuatannya tergolong mudah, dan bahannya hanya cukup menggunakan dinamo, kayu dan karet ban.
“Bahannya murah, apalagi kalau menggunakan bahan bekas,” katanya kepada Ekspres, Kamis (4/6).

Dijelaskannya, pada bagian ujung dinamo yang berputar, diberi kayu berbentuk slinder yang tepi-tepinya telah diberi karet ban. Kemudian dinamo diletakapan pada papan. Hal ini dilakukan agar dinamo dapat diam dan tidak bergerak. Setelah itu pada bagian papan diberi saklar yang akan mempermudah ketika menghidupkan dan mematikan. Adapun cara pengguaanya sangat simpel, jagung cukup diletakkan pada bagian yang berputar, maka secara otomatis butiran jagung akan terlepas dari janggalnya.

“Saya sendiri mengunakan dinamo bekas pompa air,” jelasnya.

Menurutnya, dulu pada awalnya masyarakat selalu merontokan jagung dengan menggunakan tangan. Namun lama-lama kebiasaan tersebut berubah. Masyarakat mulai merontokan jagung dengan menggunakan sepeda. Teknisnya hampir sama yaitu jagung diletakkan pada sesuatu yang beputar dan berlapis ban. Sedangkan untuk memutarnya masih manual menggunakan tangan. Seiring dengan berjalannya waktu masyarakat kemudian membuat dengan menggunakan mesin dinamo sebagai motor penggerak. Untuk energinya mengunakan listrik.

“Sekarang hampir semuanya sudah mengunakan dinamo,” paparnya.

Pengunaan mesin ini sambungnya, sudah marak dilakukan kurang lebih satu terakhir. Dengan mengunakan mesin maka proses perontokan hanya memerlukan waktu singkat, dan juga sedikit menggunakan tenaga. Imbasnya setelah panen jagung maka para petani dapat segera mengurus sawah untuk merawat tanaman padi.

“Mesin memang digunakan untuk membantu mempercepat pekerjaan manusia. Dengan menggunakan teknologi tepat guna dibidang pertanian maka tentunya akan memajukan petani,” bebernya. (mam/uje/radarbanyumas)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!