Kilas Berita:

BPK Didesak Audit Investigatif Dugaan Korupsi DPRD Kebumen

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Kinerja Polres Kebumen dalam menangani perkara dugaan tindak pidana korupsi Belanja Perjalanan Dinas dan Kegiatan Reses pada Sekretariat DPRD Kebumen Tahun Anggaran (TA) 2013 mendapat apresiasi berbagai kalangan. Keseriusan itu terlihat dari 75 orang saksi yang sudah diperiksa.

Hal itu dikemukakan oleh Wakil Ketua Forum Komunikasi Putra-Putri TNI Polri dan Putra-Putri Purnawirawan TNI-Polri (FKPPI) Kebumen Tirto Sungkowo. Di sisi lain, dia mendesak Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Jawa Tengah untuk segera melakukan audit investigatif untuk mengetahui secara pasti jumlah pasti kerugian negara.

Pasalnya, saat ini penyelidikan oleh di kepolisian terhambat karena karena BPK Perwakilan Jateng belum melakukan audit investigatif terhadap penggunaan anggaran yang diduga bermasalah tersebut.

“Kami mengapresiasi kinerja Polres Kebumen yang serius menangani dugaan tindak pidana korupsi di DPRD Kebumen tahun anggaran 2013. Kami juga meminta BPK RI Perwakilan Jateng untuk segera melakukan audit terhadap kerugian negara,” ujar Tirto Sungkowo kepada suaramerdeka.com, Jumat (12/6).

Lebih lanjut, Tirto Sungkowo menambahkan, hasil audit investigatif tersebut sangat penting karena menjadi landasan aparat kepolisian untuk melanjutkan perkara itu ke tingkat selanjutnya. Masyarakat berharap banyak, perkara ini dapat diselesaikan secara tuntas sampai di pengadilan.

“Jika BPK tidak segera menindaklanjuti permohonan Polres Kebumen, dikhawatirkan muncul pertanyaaan dari masyarakat, ada apa dengan BPK?” tandas mantan anggota DPRD Kebumen itu seraya berharap dengan kasus tersebut ada perubahan kinerja DPRD Kebumen menjadi lebih jujur dan bertanggung jawab.

Mbah Kowo, panggilan akrabnya, hukum harus ditegakkan. Jangan sampai, hukum hanya tajam ke bawah tetapi tumpul ke atas.Jika pencuri ayam yang harganya puluhan ribu ditangkap, pencuri uang negara hingga miliran rupiah juga harus mendapatkan hukuman yang setimpal.

“Masyarakat mendukung kinerja Polres Kebumen untuk menuntaskan kasus dugaan korupsi di DPRD Kebumen tahun 2013,” tandasnya.

Kirimkan Surat

Diberitakan sebelumnya, Polres Kebumen tinggal menunggu pemeriksaan ahli dari BPK RI Perwakilan Jateng untuk mengetahui jumlah pasti kerugian negara dalam dugaan korupsi di DPRD Kebumen TA 2013.

Polisi sudah memeriksa 75 orang saksi mulai mantan anggota DPRD Kebumen periode 2009-2014, dua anggota DPRD pengganti antar waktu (PAW) dan PNS di Sekretariat DPRD dan sebagian pihak hotel dari Semarang, Salatiga, dan Pekalongan.

Kapolres Kebumen AKBP Faizal menjelaskan, pihaknya telah dua kali melayangkan surat ke BPK RI Perwakilan Jateng di Semarang terkait permohonan audit investigatif yakni Nomor: B/911/IV/2015/Reskrim pada 9 April 2015 dan Surat Nomor: B/1326/V/2015 tanggal 19 Mei 2015.

“Akan tetapi, sampai saat ini masih belum ada tindak lanjut atas surat yang kami layangkan itu,” ujar AKBP Faizal.

Dari hasil pemeriksaan Polres Kebumen, dari anggaran Belanja Perjalanan Dinas Luar Daerah TA 2013 dengan total anggaran sebesar Rp 6,38 miliar, potensi kerugian negara sebesar Rp 5,8 miliar. Yakni pada kegiatan peningkatan kapasitas pimpinan dan anggota DPRD dengan anggaran sebesar Rp 5,6 miliar dan pembahasan rancangan peraturan daerah (Raperda) sebesar Rp 201 juta.

“Secara bersamaan, kami juga menangani perkara dugaan kegiatan reses fiktif DPRD dengan total anggaran Rp 2,2 miliar,” imbuhnya.

(Supriyanto/CN19/SuaraMerdeka)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!