Kilas Berita:

Warga Lembupurwo Tolak Pemagaran Lahan

MIRIT (www.beritakebumen.info) - Puluhan warga Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit, menggelar aksi menolak pemagaran lahan di kawasan Urut Sewu oleh TNI AD yang melintasi desa mereka. Aksi tersebut dilakukan dengan memasang spanduk bertuliskan penolakan pemagaran di jalan pesisir selatan, Senin (4/5).

Dalam aksi itu warga menegaskan akan berupaya mencegah TNI AD melanjutkan pemagaran tanah di wilayah Desa Lembupurwo. Para peserta aksi yang merupakan petani dan pemuda mengikuti unjuk rasa dengan membawa spanduk yang terbuat dari kandi bekas yang ditulisi berbagai tuntutan warga.

Diantaranya, “Aku Wong Tani Menolak Pemagaran”, Masyarakat Menolak Pemagaran”, “Jokowi Tolong Kami”, Jangan Ganggu Wong Cilik”, serta masih banyak lainnya.Puluhan wargag setempat berbondong-bondong memasang spanduk penolakan pemagaran yang rencananya akan mulai dilakukan hari ini, Selasa (5/5).

Koordinator aksi, Suhud, menegaskan sksi ini dilakukan sebagai bentuk penolakan terhadap rencana pemagaran lahan Urut Sewu yang melintasi desanya. Aksi diikuti masyarakat dari berbagai dukuh di desa setempat, diantaranya Dukuh Lengkong, Aglik, Mliwis, Pejaten, dan Dukuh tlogogunung,

Menurut warga setempat, sampai saat ini TNI AD tidak memiliki alasan untuk melakukan klaim kepemilikan maupun pemagaran tanah di pesisir Urut Sewu.

Tokoh pemuda setempat, Puniyo, menegaskan pihaknya keberatan atas pemagaran tersebut. Terlebih masyarakat telah mengelola lahan tersebut untuk pertanian, pariwisata dan kawasan konservasi. Kawasan tersebut juga telah dihijaukan dengan cemara laut dan mangrove.

Kepala Desa Lembupurwo, Bagus Wirawan, menyatakan masyarakat setempat sejak awal memang tidak pernah setuju dengan rencana pemagaran tersebut. Terlebih selama ini belum pernah ada sosialisasi terkait pemagaran. “Pada prinsipnya saya mengikuti kehendak masyarakat. Masyarakat menolak dengan keras pemagaran yang dilakukan karena merupakan tanah milik warga dan tanah kemakmuran desa,” tandasnya.(ori/Radarbanyumas)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!