Kilas Berita:

SDM Kesehatan Ditingkatkan; Angka Kematian Ibu Melahirkan Diturunkan

GOMBONG (www.beritakebumen.info) - Kompetensi sumberdaya manusia (SDM) pendidikan tenaga kesehatan perlu ditingkatkan untuk mendukung penurunan angka kematian ibu (AKI) di Jawa Tengah. Pasalnya, kompetensi lulusan pendidikan tenaga kesehatan kebidanan dan keperawatan masih mengalami kesenjangan dengan apa yang diharapkan.

Demikian salah satu yang terungkap dalam workshop ‘’Peran Institusi Diklat dalam Peningkatan Kompetensi SDM Diknakes Kebidanan dan Keperawatan Guna Mendukung Penurunan AKI di Jateng’’ yang berlangsung di Balai Pelatihan Teknis Profesi Kesehatan (BPTPK) Gombong, Selasa (12/5).

Workshop yang dibuka oleh Kepala BPTPK Gombong Taufik Kurrachman tersebut diikuti oleh sekitar 70 peserta. Peserta berasal dari unsur instansi pendidikan kesehatan terutama Kebidanan dan Keperawatan di daerah dengan kasus AKI tinggi.

Kemudian organisasi profesi kesehatan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), dan Dinas Kesehatan. Sri Rejeki dari Ikatan Perawat Maternitas Indonesia (IPEMI) Jateng, menyampaikan materi tuntutan mutu keperawatan dalam penurunan AKI.

Mencari Solusi

Kepala BPTPK Gombong Taufik Kurrachman menyampaikan, workshop tersebut digelar sebagai upaya untuk mencari solusi menurunkan AKI di Jateng.

AKI di Jateng cenderung mengalami kenaikan. Tahun 2014 angka AKI 126,55% dari 100.000 kelahiran hidup atau sejumlah 711 kasus. Jumlah itu lebih tinggi dibandingkan tahun 2013 yakni 118,62% dari 100.000 kelahiran hidup.

Adapun 2012 masih lebih rendah lagi yakni 116,34% dari 100.000 angka kelahiran hidup. Tahun 2014, angka AKI tertinggi terjadi di Brebes dengan 73 kasus, Tegal (47), Grobogan (43), Pemalang (40), dan Pekalongan (39). ‘’Pada 2015, penurunan AKI menjadi salah satu prioritas pembangunan Bapak Gubernur Ganjar Pranowo,’’ ujarnya. (J19- 42/SuaraMerdeka)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!