Kilas Berita:

PNS ‘Haram’ Dukung Calon Independen

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Para pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Kebumen dilarang memberikan dukungan untuk pencalonan bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan (independen). Jika memberikan fotokopi KTP dukungan, PNS tersebut terancam mendapat sanksi.

Hal tersebut disampaikan Divisi Pemungutan dan Penghitungan Suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen, Khusnul Khotimah, Senin (25/5) disela-sela Sosialisasi Pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen di kantor KPU Kebumen.

Larangan itu tercantum dalam Peraturan KPU nomor 9 tahun 2015 tentang pencalonan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati dan/atau walikota dan wakil walikota. Bagi PNS yang sudah mengumpulkan fotokopi KTP sebagai bentuk dukungan pada bakal calon kepala daerah yang maju jalur perseorangan, harus membatalkan dukungannya.

“Dalam verifikasi surat dukungan (KTP) kita temukan status PNS, anggota Polri dan TNI maka surat dukungan itu dianggap tidak memenuhi syarat atau dukungan itu dinyatakan gugur,” tegas Khusnul Khotimah.

Larangan yang dituangkan dalam pasal 97 Peraturan KPU nomor 9 tahun 2015, kata Khusnul, juga berlaku kepada anggota komisioner KPU, PPK, PPS, KPPS, Panwas Kabupaten dan kecamatan, PPL dan pegawai sekretariat. Meski pelanggaran ketentuan ini tak mengugurkan bakal calon, tetapi surat dukungannya dikategorikan tidak memenuhi syarat dukungan. Larangan PNS memberikan dukungan terbuka kepada bakal calon independen juga sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Kedisiplinan PNS.

Menurut Khusnul, PNS harus independen. Jika tidak, maka hasil Pilkada nantinya akan tercoreng.Untuk itu, tambahnya, bakal calon bupati yang ingin mendaftar lewat jalur perseorangan diminta mencermati persyaratan pendaftaran agar tidak mengalami penolakan saat menyerahkan berkas pendaftaran.

“Jika berkas pendaftaran, seperti dokumen syarat dukungan tidak disusun sesuai format yang sudah dipersyaratkan KPU, maka kita akan menolaknya,” imbuhnya.

Syarat dukungan kepada calon perseorangan atau calon independen yang akan bersaing dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen tanggal 9 Desember 2015 yakni sebesar 6,5 persen dari akumulasi jumlah penduduk Kabupaten Kebumen sebanyak 1.344.158 jiwa. Atau syarat dukungan mencapai 87.371 jiwa. Jumlah dukungan tersebut harus tersebar di lebih dari 50 persen jumlah kecamatan di Kabupaten Kebumen, atau minimal 14 kecamatan.

Adapun penyerahan dukungan diserahkan ke KPU Kebumen mulai 11-15 Juni mendatang. Dokumen dukungan yang diserahkan berupa surat pernyataan dukungan, dengan dilampiri fotokopi identitas kependudukan dan rekapitulasi jumlah dukungan, yang dikelompokan per desa/kelurahan dan bermaterai Rp 6.000.(ori/radarbanyumas)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!