Kilas Berita:

PMI Bantu Pengungsi Rohingya

Pengurus PMI Kebumen mengirim bantuan bagi para pengungsi Rohingya yang ditampung di Medan. Bantuan uang tunai Rp 10 juta ditransfer melalui rekening PMI Provinsi Sumatera Utara di Bank Sumut. Sekretaris PMI Kebumen Kinanto didampingi Bendahara Udi Cahyono, kemarin menjelaskan, bantuan telah dikirim sejak Kamis sekitar pukul 10.00.
Tak lama kemudian pihak Sekretaris PMI Sumut Zulkifli telah mengontak Ketua PMI Kebumen Komper Wardopo dan menyampaikan terima kasih. “Bantuan itu kami harapkan untuk membeli suplemen atau vitamin, selimut dan baju ganti termasuk sarung bagi pengungsi Rohingya Myanmar yang saat ini ditampung di Medan. Ini sifatnya bantuan kemanusiaan untuk meringankan mereka,” tandas Kinanto.
Sebelumnya, Ketua PMI Kebumen Komper Wardopo telah mengontak pengurus PMI Provinsi Sumut. Terinformasi saat ini ada sekitar 88 pengungsi Rohingya yang ditampung di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji (IPHI) Medan. Mereka sebagian besar laki-laki, namun ada juga perempuan yang sedang hamil dan anak-anak.
Disalurkan
Sekretaris PMI Provinsi Sumut, Zulkifli berterima kasih atas kepedulian PMI Kebumen. Bantuan tersebut langsung disalurkan ke para pengungsi bersamaan bantuan dari PMI Binjai dan dari sebuah yayasan di Medan. “Sesuai amanat dari pengurus PMI Kebumen bantuan kami belikan obat-obatan dan vitamin, pakaian, alat shalat serta sajadah,” ujar Zulkifli.
Dijelaskan, sebelum sampai di Medan, para imigran Rohingya itu sempat terapung beberapa minggu di lautan. Kemudian ditolong para nelayan Aceh. Selanjutnya dipindah ke sebuah hotel di Medan dan kantor IPHI yang kebetulaan bersebelahan dengan Kantor Imigrasi.
Saat ini kondisi para imigran itu baik dan mendapat bantun penuh dari pemerintah serta PMI Sumut. Kinanto menyatakan, pihaknya tidak hanya menangani korban bencana alam di Kabupaten Kebumen namun juga membantu korban bencana di luar daerah.
Seperti korban banjir di Pati, longsor di Banjarnegara, letusan gunung Sinabung dan Gunung Kelud. Kali ini pengurus mendonasikan sebagian bantuan PMI untuk meringankan penderitaan para pengungsi Rohingya Myanmar yang ditampung di Kantor Imigrasi Medan. (B3-78/SuaraMerdeka)

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!