Kilas Berita:

LPKJ Akhir Bupati Penuh Catatan

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Kebumen Buyar Winarso diakhir masa jabatannya, dihadiahi banyak catatan oleh panitia khusus DPRD Kebumen. Rekomendasi DPRD menjadi catatan wakil rakyat untuk menjadi perhatian pemimpin Kebumen ke depannya. Rekomendasi tersebut, disampaikan oleh DPRD Kebumen, saat berlangsungnya Rapat Paripurna Istimewa di Ruang Purna Gedung DPRD Kebumen, Kamis (30/4).

Rekomendasi yang disampaikan mencakup semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), di antaranya Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora), Dinas Kesehatan, Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPM PT), Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disperindagsar), hingga Dinas Pekerjaan Umum. Rekomendasi terbanyak diberikan terhadap penilaian umum capaian visi dan misi bupati, yang jumlahnya mencapai sembilan poin.
Ketua Pansus LPKJ Bupati DPRD Kebumen, Muhsinun mengatakan, diantara catatan LKPJ akhir masa jabatan bupati adalah adanya kejanggalan pada anggaran pendidikan. Pansus menemukan kejanggalan dalam kegiatan pengembangan Comprehensive Teaching and Learning (CTL), yang dianggarkan Rp 868,8 juta. Realiasinya sebesar Rp 705, 9 juta, namun dalam keterangan sisa anggaran tertulis sebesar Rp 23,12 juta yang kemudian dikembalikan pada kas daerah.

Padahal kata Muhsinun, jika dihitung antara anggaran dan realisasi sisanya sebesar Rp 139, 7 juta, bukan Rp 23,12 juta. Hal ini menimbulkan kecurigaan publik, dana sisa anggaran yang menguap sebesar Rp 116, 615 juta.

“Dengan demikian, pansus merekomendasikan agar masalah perhitungan kegiatan CTL perlu pencermatan dan penelitian agar lebih jelas apakah di situ ada potensi kerugian negara atau hanya salah ketik saja,” ungkapnya.
Pansus juga menyayangkan masih tingginya angka buta huruf di Kabupaten Kebumen sebesar 7,84 persen pada 2014. Sedangkan angka rata-rata lama sekolah tahun 2014 adalah 6,99 tahun dan angka putusan sekolah tahun 2014 untuk SD 0,09, untuk SMP 0,29 dan untuk SMA 0,43. Padahal anggaran yang dialokasikan untuk urusan pendidikan cukup besar. Yakni mencapai Rp 109,6 miliar dari APBD 2014, dan bersumber dari APBN 2014 dianggarkan Rp 54,08 miliar. Sayangnya, anggaran besar itu hanya terserap Rp 88,2 miliar untuk APBD dan Rp 35,3 miliar dari APBN.

“Tentunya kelebihan anggaran yang banyak tersebut tidak terjadi apabila digunakan secara optimal untuk mencapai indikator capaian keberhasilan penyelenggaraan pendidikan,” tegasnya.

Pada urusan kesehatan, Pansus menyoroti jumlah Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) terus meningkat yaitu pada akhir 2014 berjumlah 303 PKD. Namun, disayangkan keberadaan PKD tersebut tidak didukung adanya anggaran dari Pemkab Kebumen.
Lebih jauh, Muhsinun, memaparkan, pada pengantar LKPJ 2014 dan LKPJ akhir masa jabatan bupati 2010-2015 tertulis dari 151 target indikator dan realisasi kinerja Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2010 – 2015 sesuai visi dan misi kepala daerah. 91 indikator atau 60,26 persen tercapai, 42 indikator atau 27,81 persen on the track dan indikator atau 11,92 persen perlu upaya keras untuk mencapainya.

“Namun setelah dicermati, ternyata tidak ditemukan secara konkrit dan jelas bidang-bidang apa saja dari indikator yang tercapai, yang on the track maupun perlu upaya keras untuk mencapainya. Dengan istilah on the track, kami juga tidak menemukan apa makna dari kalimat on the track ini,” bebernya.

Rapat Paripurna Istimewa yang dipimpin oleh Ketua DPRD Cipto Waluyo, dihadiri 46 anggota DPRD, Wakil Bupati Djuwarni, Sekda Adi Pandoyo, serta pimpinan SKPD di jajaran Pemkab Kebumen. (ori/sus/radarbanyumas)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!