Kilas Berita:

KKB Sepakati Dua Nama Bakal Calon Bupati

KEBUMEN - ursa bakal calon bupati dan wakil bupati yang bakal diusung oleh Koalisi Kebumen Beriman (KKB) pada Pilkada 2015 semakin mengerucut.
Hal itu menyusul adanya kesepakatan tahap II oleh tujuh partai politik (parpol) yang tergabung dalam besar itu di Rumah Makan Yunani, barubaru ini. Juru bicara KKB Yusuf Cahyono menyampaikan, disepakati dua nama bakal calon bupati yaitu pengusaha dan ketua KONI Kebumen Khayub Lutfi dan pengusaha yang juga Ketua PC Muhammadiyah Gombong Fuad Yahya.
Sedangkan untuk bakal calon wakil bupati yang terjaring beberapa nama seperti ulama dan politisi KH Agus Yazid Machfudz, Ketua PCNU Kebumen KH Maskur Rozaq, Ketua DPD PAN Kebumen Barli Halim, Rektor IAINU Kebumen Dr Imam Satibi SAg MPdI dan Ketua DPD PKS Kebumen Fatah Banani.
Adapun nama Wakil Bupati Djuwarni dan Mudji Basuki yang sempat masuk dalam bursa tidak muncul dalam seleksi tahap II. Keduanya tidak masuk baik pada posisi bakal calon bupati maupun wakil bupati.
Kapasitas
“Nama-nama itu disepakati dengan mempertimbangkan kapasitas, popularitas, integritas serta elektabilitas sementara seluruh kandidat yang ada dan hal hal lain yang dipandang perlu dalam rangka sukses Pilkada 2015,” ujar Yusuf Cahyono didampingi enam ketua parpol koalisi, Jumat (22/5).
Selanjutnya, kata Yusuf Cahyono, hasil seleksi awal internal tersebut akan diumumkan ke publik baik melalui jalur struktural partai maupun melalui media untuk melihat respons masyarakat. Dari respons yang ada akan diseleksi pada tahap ketiga. Terakhir akan dilakukan uji kelayakan yang dilakukan bersama oleh parpol peserta koalisi. “Tahapan ini memang terkesan berbelit.
Tetapi itu bagian yang akan kami lakukan agar siapa pun yang terpilih nanti adalah putra terbaik Kebumen yang diharapkan akan mampu membawa Kebumen ke depan lebih baik,” ujar Yusuf Cahyono. Lebih lanjut, Ketua DPD PPP Kebumen itu menyampaikan, koalisi mencoba menempuh proses yang begitu terbuka tidak lepas dari gambaran demokrasi dan komitmen koalisi sebagai bagian pembelajaran politik kepada masyarakat.
Kolisi berharap dari proses yang baik akan menghasilkan pemimpin yang baik juga, sehingga pimpinan tersebut akan bisa diterima oleh masyarakat. Dari proses kompetisi yang dilakukan mulai dari pendaftaran sampai dengan uji kelayakan nantinya akan hanya menyisakan satu pasangan calon bupati dan wakil bupati. Sehingga harapannya tujuh kandidat akan bisa menerima.
“Kami percaya dari tujuh kandidat yang sudah kami saring adalah putra terbaik yang dimiliki Kebumen. Sehingga bagi yang tidak lolos seleksi kami berharap tetap pada satu kesatuan, sebagai bagian yang tidak terpisahkan, berkontribusi dalam pemenangan KKB di Pilkada 2015 maupun pada tata kelola pemerintahan ke depan,” imbuhnya.
Kesamaan pikiran dan pandangan tentang bagaimana membangun demokrasi Kebumen dan kesadaran masyarakat akan pentingnya kedewasaan dalam berpolitik menjadi satu hal yang akan menjadi titik berat bagi partai-partai yang tergabung dalam KKB ini. (J19-78/suaramerdeka)

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!