Kilas Berita:

Intensitas Hujan Masih Tinggi, Petani Semangka Kebumen Resah

BULUSPESANTREN (www.beritakebumen.info) - Intensitas hujan yang masih tinggi hingga minggu pertama Mei 2015 meresahkan petani semangka di sejumlah desa pesisir selatan Kebumen yang sejak akhir April 2015 lalu mulai mengolah lahan dan menyemai benih.

"Bila curah hujan masih tinggi tak ubahnya musim penghujan, maka untuk menekan tingkat pembusukan buah akibat serangan penyakit dan tanaman bisa menghasilkan buah yang berkualitas prima dengan rasa yang manis, kami harus bekerja ekstra keras dan mengeluarkan modal yang besar untuk pembelian pembasmi hama dan pupuk jenis tertentu agar rasa buah benar-benar manis," ujar Roso, petani semangka Desa Ayam Putih Kecamatan Buluspesantren Kebumen, di lahannya, Selasa (05/05/2015).

Menurut Roso, kelebihan bertanam semangka di musim kemarau adalah minimnya serangan hama dan penyakit, khususnya hama dan penyakit yang acapkali muncul saat curah hujan tinggi. Dengan demikian, petani tak perlu susah payah menghabiskan biaya banyak untuk pembelian obat-obatan pembasmi hama dan penyakit. Selain itu, tanpa penambahan pupuk jenis tertentu, buahnya akan terasa manis secara alami.

"Sebaliknya, bila curah hujan tinggi, tanaman mudah terserang hama dan penyakit. Secara alami rasa buahnya kurang manis. Dengan demikian modal pembelian obat pembasmi hama dan penyakit serta pupuk jauh lebih tinggi dibandingkan musim kemarau," jelas Roso.

Sedangkan Rohim, petani semangka Ayam Putih lainnya menjelaskan bahwa minimnya curah hujan maupun musim kemarau tanpa hujan adalah kondisi yang sangat didambakan oleh petani semangka. Dengan kondisi seperti itu, selain modal mengolah tanah, menyemai benih sampai penanaman, perawatan tanaman dan pemanenan tak terlalu tinggi, maka harga semangka pun akan cukup baik karena kualitas buahnya bagus.

"Bila dalam musim tanam hingga panen kami menjumpai kondisi seperti itu, sudah barang tentu keuntungan yang kami dapatkan cukup tinggi," jelas Rohim. (Dwi/krjogja)



_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!